“SISTEM PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN ARSIP DI FRONTOFFICE HOTEL MERCURE BALI LEGIAN”

SAMBIRAN, GLORIA MARIA ARISKA (2016) “SISTEM PENGELOLAAN DAN PENYIMPANAN ARSIP DI FRONTOFFICE HOTEL MERCURE BALI LEGIAN”. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era global saat ini pegitu pesat, sehingga mendorong para pesaingpun terus berupayah untuk meningkatkan mutu dan kualitan kerja dengan baik. Untuk memajukan usaha bisnis perhotelan memerlukan dukungan manajemen yang tepat seperti informasi yang teliti, tepat, dan cepat. Salah satu informasi yang sangat penting bagi dunia perhotelan adalah rekaman kegiatan kerja. Pengelolaan terhadap arsip-arsip ini sangatlah berpengaruh besar pada setiap aktifitas kerja dari para karyawan, karena dimana arsip merupakan suatu bukti sehingga nantinya padasaat dibutuhkan arsip tersebut bias dengan mudah di dapatkan. metode yang digunakan adalah metode deskriptif, menggambarkan objek penelitian berdasarkan data san fakta yang relefan kemudian disusun secara sitematis kemudian di tarik kesimpulan sedangkan teknik yang digunakan dalam mengumpulkan dan pengelolaan data dengan observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sistem pengelolaan arsip di Front office Hotel Mercure Bali Legian meliputi Sistem penyimpanan arsip, peminjaman arsip, penemuan kembali arsip, pemeliharaan dan pengamanan arsip, serta pemindahan arsip. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan arsipFront office Hotel Mercure Bali Legian meliputi :terbatasnya fasilitas kearsipan, sumberdaya manusia yang mengelola dan system pengelolaan arsip itu sendiri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan arsip di Front office Hotel Mercure Bali Legian belum berjalan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya system pengelolaan yang standar yang menangani masalah kearsipan, tidak adanya pelatihan dalam bidang kearsipan bagi staff dalam penanganan arsip-arsip tamu di bagian Front office Hotel Mercure Bali Legian, dan kurangnya peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan dan yang layak untuk digunakan. Saran yang bias penulis berikan adalah membuat Standar operasional kerja menyangkut pengelolaan arsip, penambahan fasilitas kearsipan, melakukan pelatihan kepada staff Front office mengenai penanganan arsip, dalam mengelolah arsip sebaiknyan menggunakan system numeric atau chronological yang teratur dan benar dalam mengelolah arsip agar meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan akibat tidak adanya standar dalam pengelolaan kearsipan yang jelas dan sebaiknya memiliki seorang arsiparis khusus untuk menangani pengelolaan dan penyimpananarsip.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Penangananarsip
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 23 Nov 2017 14:43
Last Modified: 23 Nov 2017 14:43
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item