ANALISIS KONTRIBUSI HOTEL DALAM MENUNJANG PROMOSI DESTINASI PARIWISATA DI KOTA TERNATE

TAMBARIKI, DANCE WISAN (2016) ANALISIS KONTRIBUSI HOTEL DALAM MENUNJANG PROMOSI DESTINASI PARIWISATA DI KOTA TERNATE. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB I ( halaman 1-4 ).docx

Download (24kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakahada kontribusi hotel terhadap destinasi pariwisata kota Ternate? Permasalahan tersebut didasari oleh adanya sejumlah fenomena bahwa di kota ternate memiliki beragam kawasan destinasi dan sejumlah potensi pariwsata dan seiring dengan hal tersebut dinas budpar Kota ternate telah merumuskan beragam strategi guna mempromosikna potensi yang ada, sedangkan pada sisi lain, penulis menemukan ada sejumlah peluang yang belum dimanfaatkan oleh Disbudpar Kota ternate dalam mengefektifkan beragam strategi promosi salah satunya belum memanfaatkan hotel sebagai sasaran promosi dan kerjasama promosi dalam menunjang destinasi pariwsata kota ternate. Hotel dapat ditingkatkan peranya dengan memanfaatkan peluang trategis sebab hotel senantiasa dikunjungi oleh berabagai pengguna jasa nginap, dengan demikian hotel akan menjadi bernilai strategi dalam rangka mempromosikan potensi dan destinasi pariwsata kota ternate. Tujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi hotel dalam menunjang promosi destinasi pariwsata di Kota Ternate. Adapun metode yangdigunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan dan wawanacara serta menggunakan pedoman wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajemen hotel di Kota Ternate sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Hotel Bela,Hotel Dragon, Hotel batik, Hotel Boulevard dan Hotel Corner. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi destinasi pariwisata daerah yang dilakukan melalui hotel belum ada. Selain itu, dinas terkait baik provinsi maupun Kota Ternate tidak bekerjasama untuk menjadikanhotel sebagai sarana promosiyang strategis. Hotel merupakan sarana strategis untukpromosi destinasi pariwisata daerah, sebab hotel merupakan stakeholders pariwisata yang bekerja menjual jasa dengan senantiasa mendapatkan tingkat kunjungn manusia/tamu yang relatif banyak, maka dengan memanfaatkan kondisi tersebut maka promosi akan semakin efektif.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Dinas Budpar, Hotel, dan Destinasi pariwisata
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 25 Nov 2017 09:33
Last Modified: 25 Nov 2017 09:33
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item