PERANAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA PRAMUSAJI DI FOOD & BEVERAGE DEPARTMENT HOTEL ARYADUTA MANADO

Pangemanan, Jessy (2016) PERANAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA PRAMUSAJI DI FOOD & BEVERAGE DEPARTMENT HOTEL ARYADUTA MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi .docx

Download (25kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (58kB)

Abstract

Salah satu bentuk usaha yang cukup pesat perkembangannya adalah usaha yang bergerak dalam industri pariwisata, yaitu akomodasi dan restoran. Bidang usaha akomodasi dan restoran sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia, uang, waktu, metode dan prosedur pekerjaan, material (produk makanan dan minuman, dan linen (serta peralatan). Usaha akomodasi dan restoran adalah bidang usaha yang menawarkan jasa, dimana jasa tersebut banyak melekat pada keterampilan sumber daya manusia, sehingga dalam industri akomodasi dan restoran peran sumber daya manusia dalam hal ini pramusaji sangatlah penting. Sebelum jasa ditawarkan kepada tamu atau pelanggan, maka persiapan sudah haruslah prima. Kemampuan persiapan yang prima tergantung pada banyak faktor, antara lain profesionalitas, pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan untuk dapat bekerja sama dan kepatuhan pada proses kegiatan. Kepatuhan kepada proses sebagaimana biasanya di organisasikan oleh seseorang yang layak dengan keterampilan, pengetahuan, profesionalitas, lebih dari karyawan yang lain. Dan pada saat yang bersamaan orang tersebut harus berperan menjadi penghubung antara karyawan yang menjadi operator dan manajemen diatas. Orang dengan tugas khusus tersebut biasanya disebut sebagai supervisor. Kelancaran dan baiknya pelayanan sangat tergantung pada pengaturan dari supervisor yang memastikan bahwa operasional di food & beverage department telah memenuhi standard service yang ditetapkan. Penelitian yang dilakukan bersamaan dengan praktek kerja lapangan (PKL), terlihat bahwa ada keluhan terhadap pelayanan di lakukan oleh pramusaji di Cakrawala Restoran Hotel Aryaduta Manado. Dari pengamatan, yang peneliti lakukan ketika melayani sering terjadi salah pengertian antara pramusaji satu dengan yang lain misalnya pramusaji yang satu yang pertama menangani tamu dalam memilih menu namun juga ia disuruh oleh supervisor, disaat itu juga pramusaji tersebut menyuruh pramusaji yang lain untuk mengerjakan pekerjaannya namun ada salah pengertian dalam hal menu yang dipilih oleh tamu berbeda dengan yang dipesan oleh pramusaji karena menu yang ada di restoran ditulis dengan bahasa inggris sedangkan yang tamu ucapkan dengan bahasa Indonesia dan bahasa manado. Pada saat yang lain ada pramusaji yang datang terlambat namun supervisor tidak menegur maupun memberi punishment kepada pramusaji tersebut. Hal-hal tersebut terlihat sepele namun sangat mengganggu dalam penyampaian pelayanan, dan mengakibatkan keluhan dari pelanggan. Jika terjadi tindakan dalam pekerjaan yang salah dari pramusaji, supervisor harus langsung memberikan arahan, bimbingan, mengatur bahkan memotivasi pramusaji sebagaimana mestinya.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Peran Supervisor, Efektivitas Kerja, Pelayanan
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 07 Dec 2017 11:42
Last Modified: 07 Dec 2017 11:42
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item