IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HOTEL GUEST DEPOSIT DI FRONT OFFICE DEPARTMENT WHITE ROSE KUTA RESORT, VILLAS & SPA

Maramis, Monica Natalia (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN HOTEL GUEST DEPOSIT DI FRONT OFFICE DEPARTMENT WHITE ROSE KUTA RESORT, VILLAS & SPA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi.rtf

Download (103kB)
[img] Text
Bab I.rtf

Download (185kB)

Abstract

Kebijakan hotel dalam hal ini Guest Deposit ternyata tidak diterapkan dengan baik oleh Guest Service Attendant (GSA). GSA sering membiarkan tamu yang tidak ingin menitipkan deposit untuk jaminan biaya tambahan tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan Duty Manager. GSA juga seringkali tidak teliti dalam menangani serta memperbaharui account tamu yang menitipkan deposit maupun tidak. Kelalaian pada penerapan deposit tamu yang dilakukan oleh GSA merupakan pelanggaran pada kebijakan hotel dan pada akhirnya dapat menimbulkan keluhan dari tamu, memicu tamu skipper serta kerugian bagi hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut Standard Operating Procedure (SOP) Guest Service Attendant dan kebijakan hotel tentang guest deposit, untuk mengetahui cara penerapan guest deposit sebagai kebijakan hotel, dan kendala- kendala apa yang ditemui dalam menjalankan kebijakan hotel guest deposit. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu analisis yang dilakukan secara sederhana tentang masalah yang ditemukan dengan maksud memberikan suatu gambaran kondisi objek penelitian secara benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasional kerja Front Office staff khususnya GSA tidak berjalan dengan baik sesuai dengan kebijakan hotel dalam hal ini deposit tamu untuk jaminan biaya tambahan. Mereka menerapkannya hanya pada tamu yang ingin menitipkan deposit tapi tidak menjelaskan bahwa deposit ini diharuskan untuk semua tamu yang menginap baik itu tamu dalam negeri maupun luar negeri. Selain kebijakan hotel yang tidak dijalankan dengan baik, lemahnya fungsi kontrol dan kendala- kendala yang terjadi juga dapat menyebabkan keluhan dari tamu, memicu tamu skipper dan kerugian bagi hotel. Maka dari itu manajemen harus menerapkan kontrol secara berkala terhadap kebijakan hotel guest deposit dan memperbaharui semua hal- hal baru yang telah diterapkan oleh manajemen White Rose Kuta Resort, Villas & Spa Legian- Bali terutama tentang kebijakan- kebijakan hotel sehingga tamu dapat mengetahuinya secara lebih jelas.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Hotel, Guest Deposit
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 08 Dec 2017 10:24
Last Modified: 08 Dec 2017 10:24
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item