SISTEM PENAGIHAN PIUTANG PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG MANADO

Roong, Leyda (2015) SISTEM PENAGIHAN PIUTANG PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN CABANG MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Leyda Roong.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Laporan tugas akhir berjudul Sistem Penagihan Piutang pada BPJS Kesehatan Cabang Manado, bertujuan untuk mengetahui : Proses penagihan piutang Peserta BPJS Kesehatan , Masalah yang dihadapi dalam proses penagihan piutang, dan Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan untuk proses penagihan piutang Peserta BPJS Kesehatan Cabang Manado Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan, menguraikan dan menjelaskan tentang sistem penagihan piutang yang ada pada BPJS Kesehatan Cabang Manado. Hasil laporan menunjukan bahwa : Penagihan Piutang BPJS Kesehatan dilakukan mulai dari pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan yang otomatis memiliki kewajiban untuk membayar iuran bulanan, kemudian mengirimkan surat-surat tagihan pembayaran iurannya tiap bulan, saat dilakukan pembayaran oleh peserta BPJS data tersebut atau transaksi tersebut secara otomatis langsung tercatat/ terjurnal di Kantor Pusat, karena sistem yang digunakan oleh BPJS Kesehatan adalah sistem komputerisasi atau sistem online, jadi dalam menjalankan tugas dan fungsi BPJS menisahkan fungsi bagian penagihan dan bagian kasir yang menerima iuran bulanan tersebut. BPJS Kesehatan hanya mengelolah iuran bulanan yang masuk untuk disalurkan sebagai Dana Jaminan Sosial sebagimana tugas dari BPJS Kesehatan. Hambatan yang terjadi dalam penagihan piutang : Seringkali dalam pengiriman surat tagihan iuran bulanan banyak alamat dari peserta BPJS yang tidak jelas jadi pihak BPJS Kesulitan untuk menagihkan iuran tersebut, Adanya kelebihan atau kekurangan bayar juga sering terjadi namun hal tersebut dapat diselesaikan dengan prosedur yang ada. Upaya yang dilakukan pihak BPJS Kesehatan adalah dengan melakukan mencari kembali data peserta agar jelas dan melakukan prosedur yang sudah ditetapkan dalam hal pengembalian iuran karena kelebihan atau kekurangan pembayaran. Saran untuk program software :Sistem di BPJS kesehatan harus diteliti lebih baik agar menghindari terjadinya entri data yang salah.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 12 Aug 2016 14:27
Last Modified: 19 Aug 2016 11:43
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item