TINJAUAN PERHITUNGAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN dan METODE PELAKSANAAN (Studi Kasus Jembatan Dinamunan III Jalan Tol Manado-Bitung STA. 10+597 – 10+788)

Kumaat,, Herry A. (2018) TINJAUAN PERHITUNGAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN dan METODE PELAKSANAAN (Studi Kasus Jembatan Dinamunan III Jalan Tol Manado-Bitung STA. 10+597 – 10+788). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
COVER, DAFTAR ISI, BAB I.pdf

Download (20MB)

Abstract

Jalan tol adalah jalan aternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat waktu tempuh dari satu tempat ketempat lain.Jembatan merupakan suatu struktur yang digunakan sebagai media penghubung antar daerah yang terpisahkan oleh rintangan. Proyek pembangunan Tol Manado Bitung terdapat banyak jembatan yang membentang, dan pada STA. 10+597 sampai 10+788 terdapat sebuah jembatan yang letak/posisinya berada diatas sungai dan jalan daerah, penghubung antara Tondano-Airmadidi. Pada dasarnya, struktur atas jembatan dibuat untuk menahan beban kendaraan yang akan melewati jembatan tersebut. Untuk tinjauan perhitungan struktur atas jembatan pada tugas akhir ini, dihitung dengan cara manual.Perhitungan struktur atas jembatan memperhitungkan beban mati, beban hidup, beban gempa, beban angin, yang mengacu pada buku peraturan BMS (BridgeManagement Sistem) 1992. Sedangkan untuk perhitungan girder sampai untuk menentukan banyaknya kawat tendon mengacu pada metode perhitungan praktis.Untuk metode stressing girder harus sesuai langkah kerja, dan untuk metode erection girder menggunakan metode sevice crane. Dari hasil perhitungan beban pada jembatan, didapatkan beban mati (q sebesar 38,8 kN/m, beban hudup (qll ) sebesar 26,6 kN/m, besarnya gaya prategang = 13.718,737 kN dan untuk kawat tendon berupa untaian kawat(strand); diameter 12.7 mm, luasan100mm², beban putus 184 kN, beban tarik 1840 Mpa, maka didapatkan banyaknya kawat strand yang akan dipakai sebanyak 94 buah kawat strand. Maka, dari hasil tinjauan perhitungan dan data proyek ternyata, banyaknya kawat tendon masih lebih besar dari kondisi yang terpasang di lapangan. Sehingga sebaiknya menggunakan perhitungan yang lebih detail agar didapat hasil yang mendekati kondisi di lapangan. dl)

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Pembebanan jembatan, PCI Girder, Stressing Girder,Erection girderf
Subjects: H Roads and Bridges > HE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 29 May 2021 15:27
Last Modified: 29 May 2021 15:27
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item