PENGARUH KOMUNIKASI FOOD & BEVERAGE SERVICE DAN KITCHEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SINTESA PENINSULA HOTEL MANADO

AWAEH, ALINE SUCIATI (2019) PENGARUH KOMUNIKASI FOOD & BEVERAGE SERVICE DAN KITCHEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI SINTESA PENINSULA HOTEL MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
ALINE SUCIATI AWAEH CDB.pdf

Download (3MB)

Abstract

Usaha Perhotelan adalah kegiatan usaha yang melayani tamu selama 24 jam, menyediakan pelayanan fasilitas penginapan, makan dan minum, dan fasilitas lainnya, yang dikelola secara komersil. Dalam menjalankan operasional di Food & Beverage Department Sintesa Peninsula Hotel Manado, perlu didukung dengan komunikasi yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang lancar, dinamis, dan kondusif, supaya dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menyediakan dan menyajikan kebutuhan tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur berapa besar hubungan Komunikasi Food & Beverage Service dan Kitchen terhadap Kualitas Pelayanan, menganalisis hubungan Komunikasi Food & Beverage Service dan Kitchen terhadap Kualitas Pelayanan, serta untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh dari Komunikasi Food & Beverage Service dan Kitchen terhadap Kualitas Pelayanan di Sintesa Peninsula Hotel Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden dengan karakteristik tertentu, dan metode lainnya adalah metode studi kepustakaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah komunikasi Food & Beverage Service dan Kitchen dengan menggunakan komunikasi diagonal antara bagian Food & Beverage Service dengan bagian Food & Beverage Product dan indikator komunikasi adalah sumber dan penerima, pesan, media, dan dampak atau efek. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dengan indikator sebagai dasar penilaian kualitas pelayanan adalah Tangible, Reliability, responsiveness, Assurance, dan Empathy. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode koefisien korelasi rank Spearman dan korelasi determinasi, dan pengolahan data-data dari penelitian ini menggunakan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil analisi data dengan koefisien korelasi rank spearman, nilai = 0.9885 menunjukkan hubungan antar variabel komunikasi Food & Beverage Service dan kitchen (variabel bebas) dengan kualitas pelayanan (variabel terikat)berhubungan sangat kuat kearah positif. Dengan koefisien determinasi 97% menjelaskan bahwa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan 97% adalah komunikasi antara Food & Beverage Service dengan Kitchen, dan 3% dipengaruhi oleh fakto-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Food & Beverage Service dengan Kitchen, Kualitas Pelayanan.
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 26 Jul 2022 12:21
Last Modified: 26 Jul 2022 12:21
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item