PENGARUH KOMPETENSI PRAMUSAJI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESTORAN DI KOTA TOMOHON

TUKUNANG, MIRIAM MAHDALENA (2019) PENGARUH KOMPETENSI PRAMUSAJI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESTORAN DI KOTA TOMOHON. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Miriam Mahdalena Tukunang CDB.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar pengaruh kompetensi pramusaji terhadap kualitas pelayanan restoran di kota Tomohon saat ini. Ada beberapa unsur yang menjadi standar untuk menjadi pramusaji yang professional yaitu, Skill, Knowledge dan Ability dan tiga unsur yang diukur dalam menentukan tingkat kualitas pelayanan yaitu Reliability, Reponsivnes dan Assuraance. Pengertian kompetensi pramusaji ialah kemampuan individu dalam pekerjaannya atau sebuah karakter dasar digambarkan pada sebuah efektifitas atau kinerja yang baik pada suatu tempat dan situasi tertentu. Analisis yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Dengan metode analisis data korelasi sederhana untuk mengetahui tingkat kompetensi pramusaji terhadap kualitas pelayanan. Dan analisis koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar kompetensi pramusaji mempengaruhi kualitas pelayanan. Dari hasil analisis diperoleh nilai korelasinya dimana r=1,735 yang menyatakan bahwa pengaruh yang kuat antara kompetensi pramusaji terhadap kualitas pelayanan restoran di Kota Tomohon kemudian nilai koefisien determinasi yaitu KD= 54,1% terhadap kualitas pelayanan. Dari hasil tersebut tersebut dapat dikatakan bahwa pengaruh variable kompetensi pramusaji sebesar 54,1% terhadap kualitas pelayanan dan sisanya 45,9% dipengaruhi factor lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pramusaji sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan restoran di Kota Tomohon. Oleh karena itu sebaiknya pihak restoran yaitu para supervisor yang ada di setiap restoran dapat memberikan training atau memberikan kesempatan kepada karyawannyan untuk mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan baik yang diselengarakan oleh pemerintah maupun kerja sama dengan pihak-pihak lain yang berkompeten deperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mendapat pengawasan langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pramusaji, Kualitas Pelayanan
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 30 Jul 2022 16:22
Last Modified: 30 Jul 2022 16:22
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item