ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENDAPATAN SERVICE KENDARAAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk – DAIHATSU SALES OPERATION CABANG MARTADINATA MANADO

Angela,, Brigita, Rosa (2019) ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENDAPATAN SERVICE KENDARAAN PADA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk – DAIHATSU SALES OPERATION CABANG MARTADINATA MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri manado.

[img] Text
Cover, Daftar isi, Bab I,Brigita Rosa Angela.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan laba dan untuk memuaskan kebutuhan setiap pelanggan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, maka sangatlah penting bagi suatu perusahaan untuk menganalisa kembali sistem akuntansi yang ada dalam perusahaan agar semua sistem berjalan dengan baik. Sistem akan tercipta dengan baik apabila semua bagian dapat berkoordinasi satu sama lain dalam menyampaikan informasi. Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang Sistem Akuntansi Pendapatan Jasa Service Kendaraan pada perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT Astra International Tbk – DSO Cabang Martadinata Manado yang terletak di Jl. Martadinata No.69, Dendengan Luar, Paal Dua, Kota Manado. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan dengan mengunjungi langsung dan mengamati situasi-situasi yang ada di perusahaan, wawancara kepada Kepala Bengkel dan pihak yang terkait, serta studi kepustakaan untuk mencari bahan dan informasi yang relevan. Metode yang digunakan penulis pada penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Pendapatan Jasa bagian Service Kendaraan sudah menurut Standar Operasional Perusahaan, dan untuk pengendalian intern yang mencakup unsur lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan sebagian besar sudah sesuai dan sudah diterapkan dengan baik. Dari penelitian ini, maka diambil kesimpulan bahwa Sistem Akuntansi Pendapatan Jasa Service Kendaraan pada perusahaan sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang benar, struktur organisasi dan uraian pekerjaan sudah melakukan pemisahan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang jelas, serta pengendalian intern perusahaan sebagian besar sudah sesuai dan sudah diterapkan dengan baik. Diharapkan perusahaan dapat mempertahankan prosedur yang diterapkan karena dilihat dari alur yang dilakukan sudah sesuai dengan pengendalian intern, meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan, dan harus ada perbaikan jarinan internet agar aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: i: Sistem Akuntansi, Pendapatan Service, Pengendalian Intern, pengendalian, informasi dan komunikasi , Sistem Akuntansi Pendapatan Jasa bagian Service
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 03 Aug 2022 11:00
Last Modified: 03 Aug 2022 11:00
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item