PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA MANDARIN PARA HOTELLIER TERHADAP MUTU PELAYANAN DI SINTESA PENINSULA HOTEL MANADO

MAPALIEY, NELFA (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA MANDARIN PARA HOTELLIER TERHADAP MUTU PELAYANAN DI SINTESA PENINSULA HOTEL MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
NELFA MAPALIEY CDB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayan hotel terdiri dari 5 dimensi yaitu, berwujud (tangibles), empati (Emphaty), cepat tanggap (responsiveness), keandalan reliability), dan kepastian (assurance). salah satu faktor yang mempengaruhi terwujudnya dimensi pelayanan ini adalah kemampuan berkomunikasi yang baik atau kemampuan berbahasa yang terdiri dari 5 kemampuan yaitu mendengar, berbicara, membaca, menulis, dan kosakata dari para Hotellier dalam memberikan pelayanan mereka untuk para tamu. Jadi mengusai bahasa asing sudah menjadi kewajiban para Hotellier dalam memberikan pelayanan untuk menjamin terwujudnya 5 dimensi dalam pelayanan. kemampuan berbahasa Mandarin pun sudah seharusnya dikuasai oleh para Hotellier yang ada di kota Manado karena wisatawan mancanegara asal Tiongkok yang begitu banyak menggunakan jasa hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berbahasa Mandarin para Hotellier berpengaruh positif terhadap Mutu pelayanan di Sintesa Peninsula hotel Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif bersifat asosiatif dengan teknik pengambilan data berupa kuesioner dengan populasi wisatawan mancanegara asal Tiongkok yang menginap Sintesa Peninsula hotel Manado, pada bulan April, Mei, Juni, dengan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling jadi sebanyak 100 orang wisatawan mancanegara asal Tiongkok, pengujian analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS . dari hasil pengujian berdasarkan analisis data atau pengolahan data diperoleh persamaan regresi Y = 9.183 + ,739 X dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa nilai dari konstanta adalah 9,183 dan nilai koefisien arah regresi adalah ,739. hal itu menunjukkan bahwa pada saat Kemampuan berbahasa Mandarin (X) bernilai nol (0), maka Mutu pelayanan hotel (Y) akan bernilai 9.183 sedangkan jika penguasaan bahasa Mandarin dinaikkan satu satuan, maka Mutu pelayanan hotel akan meningkat satu satuan yaitu sebesar 9,922. nilai koefisien determinasi r 2 = ,678 . menunjukkan Mutu pelayanan di Sintesa Peninsula hotel Manado 67,8% dipengaruhi oleh Kemampuan bahasa Mandarin para Hotellier, sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak disertai dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa Mandarin, Mutu pelayanan, Hotellier
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 04 Aug 2022 13:11
Last Modified: 04 Aug 2022 13:11
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item