ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS OLEH KONSULTAN PAJAK (Studi Kasus Pada Konsultan Pajak Di Kota Manado)

Siwy, Andrew F.A (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS OLEH KONSULTAN PAJAK (Studi Kasus Pada Konsultan Pajak Di Kota Manado). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Andrew F A Siwih.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan modifikasi dari penelitian Shafer dan Simmons (2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor-faktor individual, yaitu sifat Machiavellian dan persepsi pentingnya etika terhadap pengambilan keputusan etis oleh konsultan pajak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur apakah konsultan pajak yang dikota Manado memiliki sifat Machiavelliandan Etika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan ternyata konsultan pajak yang ada dikota Manado kebanyakan tidak memiliki sifat Machiavellian,konsultan pajak dikota Manado sangat beretika dalam bekerja sehingga keputusan yang mereka buat cenderung keputusan yang etis. Sifat Machiavellian berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis, konsultan pajak dengan sifat Machiavellian cenderung membuat keputusan yang tidak etis. Etika berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis, konsultan pajak yang bekerja sesuai dengan etika profesi cenderung membuat keputusan yang etis. Kata Kunci:Sifat Machiavellian,persepsi etika, keputusanetis

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator 1
Date Deposited: 17 Aug 2016 09:10
Last Modified: 19 Aug 2016 08:25
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item