HELPDESK SYSTEM INTERNAL PADA LPP TVRI SULUT

Tueno, Zulkifly Usman (2015) HELPDESK SYSTEM INTERNAL PADA LPP TVRI SULUT. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Zulkifly Usman Tueno.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Helpdesk system sekarang telah banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar untuk menunjang pekerjaan selama berada di kantor. Pada umumnya di setiap perusahaan masih mengandalkan cara manual dalam berkomunikasi antara tiap–tiap pegawai ataupun divisi, dengan mendatangi divisi atau pegawai lain, hal ini tentunya sangat menguras waktu dan tenaga apalagi jika perusahaan tersebut sudah bergerak dalam skala yang besar yang memiliki kantor dengan lantai berpuluh–puluh tingkat. Dengan menggunkan helpdesk semua hal itu bisa tertutupi dengan hanya mengakses helpdesk lewat PC yang telah di sediakan untuk tiap – tiap pegawai. Helpdesk hadir dengan bermacam nama atau sebutan, tapi satu yang pasti ketika sudah berhunbungan dengan pelayanan konsumen, secara online, itulah yang dimaksud dengan helpdesk. Munculnya helpdesk dengan berbagai nama dan sebutan tersebut di karenakanadalah perbedaan tiap–tiap instansi juga kebutuhannya, maka dari itu, instansi yang berbeda, pasti memiliki bidang kerja yang berbeda, system yang berbeda pula, sertaaplikasi pendukung yang berbeda. Penelitian ini bertujuan membuat helpdesk system yang notabennya berfungsi sebagai aplikasi external perusahaan menjadi aplikasi yang berbasis internal perusahaan agar dapat digunakan oleh pegawai dalam perusahaan untuk berkomunikasi baik sesama pegawai ataupun antar divisi yang berbeda dalam hal menyampaikan keluhan atau pertanyaan serta mendokumentasikan perihal masalah yang di hadapi dalam menjalani pekerjaan selama di perusahaan. Pada penilitian kali ini penulis menggunakan beberapa metode penilitian untuk membantu penulis menyelesaikan aplikasi ini, mulai dari pengumpulan data dan informasi serta perancangan system apliaksi yang dibutuhkan untuk membantu penulis dalam mendalami keadaan real yang terjadi di lapangan agar aplikasi yang di buat ini nantinya benar–benar bisa digunakan dan membantu pegawai perusahaan yang di jadikan tempat penilitian. Selanjutnya melakukan perancangan interface yang dibuat sederhana namun bisa berjalan dengan baik dan mudah digunakan. Dan terakhir melakukan implementasi dan testing sesuai denganmasalah real yang terjadi di lapangan, dan kemudian di terapkan dan di implementasikan kembali kepada helpdesk ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi helpdesk system internal pada LPP TVRISULUT ini dapat membantu memfasilitasi pegawai dalam perusahaan dalam menyampaikan berbagai keluhan dan pertanyaan meraka dan juga dapat menutupi masalah jarak dan waktu dimana pegawai harus mendatangi tempat divisi lain untuk menyampaikan keluhan mereka, dan kini itu bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan PC dan mengakses apliaksi helpdesk system ini yang telah di hosting ke server internalnya perusahaan.Dengan menggunakan aplikasi helpdesk systemini telah mempermudah pegawai dan mengatasimasalah jarak dalam hal menyampaikanpertanyaan dan keluhan mereka, dan juga terdokumentasi serta tapat sasaran tentunya kepada siapa masalah dan pertanyaan ini akan di arahkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Helpdesk,System,Tiket
Subjects: M Informatika > ME Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: 3 operator
Date Deposited: 17 Aug 2016 10:41
Last Modified: 20 Sep 2016 10:42
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item