MIX DESIGN DAN METODE PELAKSANAAN SOIL CEMENT BASE (SCB) PADA PELEBARAN RUAS JALAN MELONGUANE-BEO KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Mangaleda, Kristuper O. (2016) MIX DESIGN DAN METODE PELAKSANAAN SOIL CEMENT BASE (SCB) PADA PELEBARAN RUAS JALAN MELONGUANE-BEO KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Kristuper Mangaleda Full_opt.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan program pemerintah dalam melaksanakan pembagunan di segala bidang adalah merupakan upaya pemerintah dalam pencampaian sasaran pembagunan jalan nasional, tak terkecuali bidang pembangunan jalan yang terus di tingkatkan pencapaiannya secara nasional khususnya di daerah Kabupaten Kepulauan Talaud. Untuk itu dalam pelaksanaan pekerjaan soil cement base (SCB) sangat diperlukan suatu pengujian untuk pelaksanaan pekerjaan soil cement base (SCB) yang baik dan memenuhi syarat. Maka perlu dilakukan desain campuran dan pengujian laboratorium. Hasil pengamatan dilapangan pada ruas jalan Melonguane-Beo panjang jalan 10,055 km dan lebar jalan 13,00 m, didapat ketebalan soil cement base (SCB) 35 cm, dan kedalaman milling 35 cm. Dari hasil perencanaan campuran Soil Cement Base (SCB), yaitu: Untuk pengujian Kuat tekan bebas Unconfined Compressive Strength (UCS) 30,99 kg/cm², Pengujian Proctor standart (Kepadatan ringan untuk tanah) yaitu: Maximum Dry Density (MDD) 1.626 gr/cm³, Optimum Water Content (OWC) 14.08 % dan Pengujian (California Bearing Ratio/CBR) untuk (Required Dry Density/RDD) 1.626 gr/cc, (Required Moisture Content/RMC) 14.08 %. Metode pengujian yang digunakan dalam penulisan laporan akhir ini adalah metode eksperimental laboratorium dengan menggunakan standar spesifikasi Umum 2010 (Revisi 3) tentang Lapis pondasi tanah semen.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: H Roads and Bridges > HE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 18 Oct 2016 14:28
Last Modified: 01 Nov 2016 10:14
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item