PERHITUNGAN KEPADATAN LAPIS PONDASI ATAS KELAS (A) DENGAN METODE SAND CONE DAN PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN SPT WAWONA-WAWONA

Rumagit, Rivando Marc (2016) PERHITUNGAN KEPADATAN LAPIS PONDASI ATAS KELAS (A) DENGAN METODE SAND CONE DAN PELAKSANAAN PEKERJAAN JALAN SPT WAWONA-WAWONA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Rivando Rumagit Full.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Seringkali kita menemui kerusakan-kerusakan yang terjadi pada konstruksi jalan sehingga membuat umur jalan menjadi tidak sesuai dengan perencanaan ditambah pemadatan yang tidak sesuai membuat peluang kerusakan menjadi semakin besar, untuk itu pemadatan harus memenuhi standar bina marga yang berlaku maka dilakukanlah pengujian kepadatan dilapangan. Metode pengujian sand cone adalah untuk mendapatkan kepadatan yang sesuai dengan standar yang berlaku yaitu 100 %, sehingga jalan yang dibuat memiliki kualitas dan umur jalan yang sesuai dengan perencanaan. Dalam spesifikasi umum 2010 (Revisi 3) final telah dijalaskan untuk kepadatan suatu lapisan pondasi aspal dan metode pelaksanaan teknis kerja dilapangan sehingga semuanya telah diatur dengan ketentuan yang berlaku dan masih digunakan sampai sekarang ini. Pada pembuatan jalan SPT Wawona-Wawona didapat nilai kepadatan lapangan yaitu pada STA 0+175 sebesar 91.89 %, STA 0+575 sebesar 96.87 %, STA 0+875 sebesar 81.62 %, STA 1+150 sebesar 88.39 %, STA 1+475 sebesar 90.94 %. Dengan demikian dapat dilihat bawah hasil pengujian diatas semua titik pengambilan sampel belum memenuhi standar yang berlaku. Maka dari itu diberikan solusi untuk mendapatkan kepadatan yang sesuai dengan standar yang berlaku sehingga kualitas jalan menjadi baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: H Roads and Bridges > HE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 18 Oct 2016 14:44
Last Modified: 01 Nov 2016 10:25
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item