TINJAUAN PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DAN PENERAPAN KRITERIA BANGUNAN TAHAN GEMPA (STUDI KASUS SEKOLAH DIAN HARAPAN PANIKI MANADO)

Manoppo, Daniel M. (2016) TINJAUAN PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DAN PENERAPAN KRITERIA BANGUNAN TAHAN GEMPA (STUDI KASUS SEKOLAH DIAN HARAPAN PANIKI MANADO). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Daniel Manoppo full.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Gedung merupakan bangunan yang diperuntukan untuk manusia melakukan aktivitas, dalam perencanaannya perlu diperhatikan hal-hal penyebab keruntuhan guna menjamin keselamatan penghuninya. Pada beberapa lokasi seperti di Indonesia, robohnya gedung sering diakibatkan oleh gempa bumi, karena negara kita merupakan daerah pertemuan 4 lempeng tektonik dunia. Atas dasar inilah bangunan perlu didesain memiliki kriteria ketahanan gempa. Dalam merencanakan ketahanan gempa suatu gedung, ada 2 metode yang bisa digunakan, yaitu : statik ekuivalen pada struktur beraturan; dan respon dinamik (respon spektrum dan time history) untuk yang tidak simetris. Keduanya didapatkan dari beberapa parameter seperti berat bangunan, zona kegempaan, material, jenis tanah, waktu pergetaran, fungsi, tipe struktural, dan lain sebagainya. Penerapan kriteria kegempaan ini dimaksudkan guna membatasi simpangan gedung akibat gempa pada kondisi pelayanan dan serta keamanan. Pembahasan objek Sekolah Dian Harapan Manado dilakukan dengan bantuan program ETABS 15.2.2, penggunaan instrumen tersebut karena kemudahannya dalam pengoprasian untuk perencanaan struktur tahan gempa. Saat dilakukan peninjauan objek, diketahui gedung harus dianalisa dengan respon dinamik karena strukturnya tidak beraturan, maka digunakan metode respon spektrum sebagai gempa rencana. Kemampuan bangunan itu sendiri dalam menahan gaya gempa sudah cukup kuat, sebab kinerja batas layan dan ultimitnya masih jauh dari nilai batas. Namun, ditemukan beberapa elemen yang mengalami kegagalan setelah dilakukan peninjauan terhadap beban gempa, untuk mengatasi hal tersebut dilakukan modifikasi penampang struktural maupun tulangan dari komponenkomponen yang bermasalah. Berdasarkan hasil pembahasan dari objek yang ditinjau, maka dapat disimpulkan bahwa Sekolah Dian Harapan Manado merupakan bangunan tidak simetris, dimana perencanaan terhadap ketahanan gempanya menggunakan metode respon spektrum (dinamik). Kinerja batas layan dan ultimit dari gedung ini berada pada kategori aman, namun terdapat sejumlah permasalahan dibeberapa bagian struktur akibat pengaruh gempa rencana, untuk itu harus dilakukan modifikasi penampang maupun tulangan pada bagian yang mengalami masalah.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 25 Oct 2016 13:42
Last Modified: 25 Oct 2016 13:42
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item