TINJAUAN STRUKTUR DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM SMA KEBERBAKATAN OLAHRAGA DI MINAHASA

Nayoan, Demy A. (2016) TINJAUAN STRUKTUR DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM SMA KEBERBAKATAN OLAHRAGA DI MINAHASA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Demy Nayoan full.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Struktur bangunan pada umumnya terdiri dari struktur bawah dan struktur atas. Struktur bawah yang dimaksud adalah pondasi dan struktur bangunan yang berada di bawah permukaan tanah, sedangkan yang dimaksud dengan struktur atas adalah struktur bangunan yang berada di atas permukaan tanah seperti kolom, balok, plat, tangga. Setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda di dalam sebuah struktur. Manajemen yang baik sangat berperan dalam mewujudkan suatu proyek bangunan, suatu pekerjaan dianggap berhasil apabila dapat menggunakan dana, sumber daya dan waktu seefisien mungkin, tanpa meninggalkan aspek kualitas dan kuantitas. Manajemen sebagai ilmu mengelola suatu kegiatan yang skalanya dapat bersifat kecil ataupun bahkan sangat besar, mempunyai ukuran tersendiri terhadap hasil akhir. Maksut dan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menghitung gaya-gaya dalam yang bekerja kemudian merencanakan dimensi dan penulangan yang sesuai untuk menahan beban yang bekerja, menghitung rencana anggaran biaya. Ruang lingkup pembahasan tugas akhir ini dibatasi pada, perhitungan struktur atas terdiri dari elemen kolom, balok dan plat lantai bangunan laboratorium dengan metode cross, perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) struktur atas dengan mengambil analisa harga satuan tahun 2016, direncanakan untuk bangunan struktur atas laboratorium SMA Keberbakatan Olahraga. Dalam penilisan tugas akhir ini metode yang dilakukan untuk mendapatkan data yang mendukung penulisan adalah dilakukanya observasi lapangan, studi pustaka dan konsultasi. Untuk perhitungan gaya-gaya dalam digunakan metode yaitu metode perhitungan manual menggunakan metode Cros. Merencanakan dan menghitung dimensi tulangan struktur atas dengan analisis hasil perhitungan manual, menggambar desain dengan aplikasi program software AutoCAD, hasil akhir diperoleh perhitungan struktur dengan dimensi penulangannya serta rencana anggaran biaya. Dari hasil penulisan tugas akhir ini dapat di simpulkan perhitungan menggunakan metode Cross didapat nilai tumpuan maksimum terdapat pada lantai 2 sebesar 39.91 kNm dan momen lapangan sebesar 26.45 kNm. Sedangkan Pu bekerja sebesar 266 kN. Dari hasil perhitungan didapat dimensi dan penulangan dengan ukuran kolom 350 mm x 450 mm menggunakan tulangan 8 D16. balok lantai 1-2 dengan dimensi 200 mm x 250 mm menggunakan tulangan tumpuan atas 6 D13, tulangan tumpuan bawah 2 D13. Dan tulangan lapangan atas 2 D13, tulangan lapangan bawah 6 D13, Pelat lantai dengan dimensi tebal 150mm tulangan arah x sama dengan arah y menggunakan tulangan ϕ10-200. Dengan menggunakan harga satuan 2016, biaya struktur atas yang di dapati sebesar Rp. 454.112.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 25 Oct 2016 13:49
Last Modified: 25 Oct 2016 13:49
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item