OPTIMALISASI BIAYA PEKERJAAN PONDASI DAN METODE PELAKSANAAN PONDASI SUMURAN PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KESEHATAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR. V. L. RATUMBUYSANG MANADO

Kisbandy, Marleen Victoria Christine (2016) OPTIMALISASI BIAYA PEKERJAAN PONDASI DAN METODE PELAKSANAAN PONDASI SUMURAN PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KESEHATAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR. V. L. RATUMBUYSANG MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Marleen Kisbandy full.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Pondasi merupakan komponen struktur yang berfungsi menyalurkan beban dari struktur atas ke lapisan tanah pendukung. Pada pembangunan gedung kesehatan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Manado jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi sumuran. Dalam perencanaan pondasi data pengujian tanah adalah faktor penting yang nantinya dapat memengaruhi dimensi dan kekuatan pondasi tersebut.Oleh karena adanya perbedaan kedalaman lapisan tanah keras dari pengujian sebelumnya maka direncanakan kembali pondasi berdasarkan data sondir yang paling baru. Maksud dan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah perencanaan pondasi sumuran berdasarkan data sondir terbaru. Kemudian mencoba merencanakan pondasi dengan jenis pondasi bore pile lalu mengoptimalisasi biaya pekerjaan pondasi serta menguraikan metode pelaksanaan pekerjaan pondasi sumuran. Dalam penulisan tugas akhir ini metode yang digunakan adalah studi lapangan, kemudian ditambah dengan studi literature dan konsultasi dengan dosem pembimbing. Untuk perhitungan pembebanan menggunakan program ETABS v.9.7.0 dan perhitungan daya dukung pondasi menggunakan metode perhitungan dengan analisa daya dukung berdasarkan data sondir (CPT) Berdasarkan hasil analisa perhitungan disimpulkan bahwa dimensi pondasi dilapangan sebesar diameter 1,7 meter sudah terlalu besar. Kemudian dengan data sondir terbaru lapisan tanah keras ada pada kedalaman 6,8 meter. Pondasi sumuran direncanakan dengan dimensi 1 meter menggunakan tulangan 17 D16 dan sengkang Ø10-150 mampu menahan beban sebesar 223431 kg. Dimensi pondasi diperkecil didapat pondasi bore pile direncanakan dimensi 0,4 meter dengan jumlah tiang dua dalam satu kelompok tiang. Menggunakan tulangan 9 Ø10 dan sengkang Ø10-150. Untuk biaya pekerjaan pondasi sumuran per unit adalah sebesar Rp. 7417833,88 sedangkan biaya pekerjaan pondasi bored pile adalah Rp. 6896974,00 sehingga ada optimalisasi biaya sebesar 7,02%.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 28 Oct 2016 15:40
Last Modified: 28 Oct 2016 15:40
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item