TINJAUAN PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DAN METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUKO MEGA PROFIT KAWASAN MEGA MAS MANADO

Woorotikan, Nickita (2016) TINJAUAN PERENCANAAN STRUKTUR ATAS DAN METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUKO MEGA PROFIT KAWASAN MEGA MAS MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Nikita Worotikan Full.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Pembangunan Ruko Meg Profit Kawasan Mega Mas Manado yang terdiri dari empat lantai ini adalah proyek berkelanjutan. Dalam pembangunan suatu struktur bangunan, hal penting yang harus di pastikan adalah bangunan tersebut kuat, aman, dan nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu diperlukan suatu perhitungan atau analisis struktur yang tepat dan teliti agar bangunan tersebut dapat memenuhi kriteria kekuatan. Maksud dan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah menganalisa strukur dan menghitung besar gaya-gaya yang bekerja pada balok, kolom, dan plat lantai, kemudian merencanakan dan mendesain kembali dimensi struktur atas, dan menghitung penulangan balok dan plat lantai. Selanjutnya menguraikan metode pelaksanaan yang ada dilapangan. Dalam penulisan tugas akhir ini metode yang digunakan adalah strudi lapngan kemudian ditambah dengan studi literatur. Untuk menghitung pembebanan menggunakan program SAP 2000 v.14 Berdasarkan hasil analisa perhitungan disimpulkan bahwa dimensi balok yang digunakan diapangan, 30 cm x 70 cm yang digunakan dilapangan sudah terlalu besar dan beban yang disalurkan kekolom sudah melewati batas maksimum beban yang dipikul sehingga kolom mengalami over stress. Kemudian dengan menghitung kembali struktur atas, dimensi utama menjadi sebesar 40 cm x 60 cm D 16, dan ukuran kolom utama sebesar 50 cm x 50 cm D 22, D19 D16, D10 mampu menahan beban yang terbesar yang bekerj pada ruko Mega Profit Kawasan Mega Mas Manado ini. Serta metode pelaksanaan yang sebagian besar sudah memenuhi syarat pelaksanaan pekerjaan struktur beton menurut standar yang diberlakukan di indonesia. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kolom yang digunakan sebelumnya terlalu besar sesuai dengan hasil yang telah diperoleh antara kolom dan balok maka disimpulkan bahwa pada bangunan ruko Mega Profit Kawasan Mega Mas Manado ini kuat tapi tidak terlalu ekonomis.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 01 Nov 2016 08:33
Last Modified: 01 Nov 2016 08:33
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item