RANCANG BANGUN KINCIR AIR IRIGASI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK DI DESA TALAWAAN

Morong, Juneidy Yohanes (2016) RANCANG BANGUN KINCIR AIR IRIGASI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK DI DESA TALAWAAN. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Juneidy Morong.pdf

Download (974kB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Rancang Bangun Kincir Air Irigasi Sebagai Pembangkit Listrik bertujuan untuk memanfaatkan dan menguraikan potensi energi air dari aliran air. Pelaksanaan pembuatan pembangkit listrik di desa talawaan menjabarkan kondisi perairan yang berada di desa talawaan merupakan perairan datar dengan kondisi debit air yang memungkinkan untuk bisa diolah menjadi pembangkit listrik tenaga air. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui besar energi air dan energi kincir air untuk mendapatkan putaran turbin/kincir agar menghasilkan energi listrik, menentukan jenis turbin/kincir yang cocok dengan kondisi sumber air, menentukan kecepatan minimum putaran turbin/kincir. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi energi pada sumber air menunjukkan parameter pengukuran dengan hasil, Energi Kinetik 32.17 joule, masa air 93 kg, Kecepatan air 3.7 m/s, luas penampang pipa 0.0252 m2, debit air 0.09324 m3/detik, maka energi daya air = 638,27 watt, Torsi 115.27 Nm, Omega (ω) 3.14 rad/s, sehingga energi daya kincir = 361.95 watt, Dilihat dari kondisi sumber air, maka dipilih turbin/kincir undershot, Putaran turbin/kincir sesuai dengan perhitungan didapatkan 38 Rpm dan pada kondisi nyata saat penyaluran putaran turbin/kincir didapat 24 Rpm sampai dengan 30 Rpm. Kata Kunci : PLTMH, Energi Air, Energi Kincir, Kincir Undershot, Putaran Kincir Air (nkincir), Putaran Generator (ngenerator).

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: PLTMH, Energi Air, Energi Kincir, Kincir Undershot, Putaran Kincir Air (nkincir), Putaran Generator (ngenerator)
Subjects: K Electrics (Kelistrikan) > KE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 05 Nov 2016 11:32
Last Modified: 05 Nov 2016 11:35
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item