APLIKASI LAYANAN SERTIFIKAT CARA BUDIDAYA IKAN YANG BAIK (CBIB) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI UTARA)

Supu, Reza Pramansyah (2016) APLIKASI LAYANAN SERTIFIKAT CARA BUDIDAYA IKAN YANG BAIK (CBIB) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI SULAWESI UTARA). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Reza Pramansyah Supu_opt.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) merupakan sebuah konsep bagaimana memelihara ikan, agar ikan yang kita pelihara nantinya memiliki kualitas yang baik dan meningkatkan daya saing produk, yaitu bebas kontaminasi bahan kimia maupun biologi dan aman untuk dikonsumsi. Disamping itu konsep CBIB juga menolong kita agar dalam proses pemeliharaan ikan menjadi lebih efektif, efisien, memperkecil resiko kegagalan, meningkatkan kepercayaan pelanggan, menjamin kesempatan eksport dan ramah lingkungan. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 02/MEN/2007 tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). Sistem Informasi Geografis adalah salah satu sistem informasi yang dibahas dalam ilmu komputer, yang dalam pengintegrasiannya SIG merangkul dan merepresentasikan sistem informasi lainnya. SIG menggunakan teknologi komputer untuk mengintegrasikan, memanipulasi dan menampilkan informasi atau karakteristik yang ada di suatu area geografi. SIG juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulis untuk mencoba mengimplementasikan salah satu program aplikasi SIG dengan tujuan untuk memberikan Informasi tentang lokasi para pembudidaya ikan di Provinsi Sulawesi Utara. Penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang akan membantu Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara dalam memantau jumlah serta data para pembudidaya ikan yang bersertifikat CBIB khususnya di Provinsi Sulawesi Utara, serta mempermudah para pembudidaya ikan untuk melakukan pendaftaran sertifikat CBIB, dan juga mempermudah masyarakat luas dalam pencarian data para pembudidaya ikan yang bersertifikat CBIB di Provinsi Sulawesi Utara. Sistem yang akan dibuat adalah “Aplikasi Layanan Sertifikat Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) Menggunakan Sistem Informasi Geografis”. Sistem ini akan menggunakan Metode Waterfall serta tool untuk pemodelan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Sistem ini dibangun menggunakan aplikasi Google Maps Api untuk menampilkan lokasi dalam bentuk grafis peta, PHP 7 sebagai bahasa pemograman webnya, MySQL 5 untuk database, CodeIgniter 3 untuk framework webgis, dan Bootstrap sebagai Framework CSS untuk tampilan web dan mobile. Kata Kunci : CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), Sistem Informasi Geografis, Waterfall, UML(Unifield Modeling Language), Google Maps Api, PHP 7, MySQL 5, CodeIgniter 3, Bootstrap.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik), Sistem Informasi Geografis, Waterfall, UML(Unifield Modeling Language), Google Maps Api, PHP 7, MySQL 5, CodeIgniter 3, Bootstrap
Subjects: M Informatika > ME Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Feb 2017 14:22
Last Modified: 21 Feb 2017 14:22
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item