SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEBAGAI RUJUKAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN USAHA

Gita, Sumeisey (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SEBAGAI RUJUKAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN USAHA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Sumeisey Gita.docx

Download (110kB)

Abstract

Dengan semakin meluasnya wilayah pemukiman di kota manado maka tidak semua wilayah di kecamatan kota manado ini memiliki fasilitas usaha bagi masyarakat setempat maupun masyarakat pendatang, untuk itu kemampuan seorang Pengusaha dalam pengambilan keputusan untuk mengembangkan usahanya membutuhkan pemikiran yang cepat dan tepat. Pengambilan keputusan ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pemilihan lokasi usaha karena lokasi mempengaruhi apakah akan ramai pembeli atau tidak. Dengan tujuan membangun suatu system dirasa dapat membantu bagi para calon pelaku usaha nanti dengan sebuah aplikasi system pendukung keputusan untuk menentukan lokasi, dan Metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP). Kriteria yang digunakan untuk pemilihan lokasi usaha tersebut yaitu jarak dari pusat kota, luas tempat usaha, harga sewa dan jumlah pesaing usaha di sekitar lokasi. Kriteria-kriteria tersebut akan digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kelayakan pemilihan lokasi usaha yang akan dihitung menggunakan metode AHP sehingga menghasilkan output berupa alternatif lokasi usaha, sehingga diperoleh hasil alternatif yang paling layak untuk dipilih oleh seorang Pengusaha. Kata kunci : alternatif lokasi usaha, Analytical Hierarchy Process (AHP), kriteria, pemilihan lokasi usaha, sistem pendukung keputusan.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: alternatif lokasi usaha, Analytical Hierarchy Process (AHP), kriteria, pemilihan lokasi usaha, sistem pendukung keputusan
Subjects: M Informatika > ME Tesis. Disertasi dan Skripsi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 22 Feb 2017 16:38
Last Modified: 22 Feb 2017 16:38
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item