AKUNTANSI DAN MEKANISME PEMUNGUTAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) JASA PELABUHAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) CABANG MANADO

Talangamin, Anastasia I. L (2016) AKUNTANSI DAN MEKANISME PEMUNGUTAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) JASA PELABUHAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) CABANG MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Anastasia Talangamin_opt.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah pemungutan, penyetoran serta pelaporan pajak pertambahan nilai jasa pelabuhan sudah sesuai dengan Undang – Undang No 42 tahun 2009 tetntang pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPn BM). Data yang diambil dalam penelitian ini adalah gambaran umum perusahaan dan data lain yang berhubungan dengan PPN Jasa Pelabuhan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi atau pengamatan langsung Langkah – langkah dalam menganalisis data yang diperoleh ada beberapa tahap (1) mengamati mekanisme pemungutan,penyetoran,pelaporan serta pembukuan ppn jasa jasa pelabuuhan dengan menggunakan system aplikasi yang disediakan perusahaan dan dengan cara manual (2) membandingkan mekanisme pemungutan,penyetoran,pelaporan serta pembukuan ppn jasa jasa pelabuuhan dengan Undang – Undang Nomor 42 tahun 2009 PPN. Hasil penelitian menunjukn bahwa, mekanisme pemungutan, penyetoran, pelaporan serta pembukuan ppn jasa jasa pelabuhan yang dilakukan oleh PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Manado sudah sesuai dengan Undang – Undang No 42 tahhun 2009 tentang pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan (PPN) atas barang mewah (PPn BM) Kata kunci : pajak pertambahan nilai (PPN)

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: pajak pertambahan nilai (PPN)
Subjects: B Perpajakan > BE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 17 Mar 2017 11:01
Last Modified: 17 Mar 2017 11:01
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item View Item