PROSEDUR DAN AKUNTANSI PEMUNGUTAN BEA LELANG BARANG JAMINAN DALAM PROSES LELANG PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG MANADO UTARA

Juhari, Bangkit Dwi (2016) PROSEDUR DAN AKUNTANSI PEMUNGUTAN BEA LELANG BARANG JAMINAN DALAM PROSES LELANG PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG MANADO UTARA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
BAB I_opt.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penulisan Laporan Akhir Praktek ini yaitu Prosedur dan akuntansi pemungutan Bea lelang barang jaminan dalam proses lelang pada PT Pegadaian (Persero) cabang manado utara, pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau lembaga pekreditan yang dikelola oleh pemerintah yang kegiatan utamanya melaksanakan penyaluran uang pinjaman atas dasar hukum gadai yang berlaku. Lelang pada pegadaian adalah upaya penjualan barang jaminan milik nasabah dikarenakan nasabah tidak dapat melakukan pembayaran atas barang jaminan sampai dengan waktu yang telah ditetapkan. Dalam melakukan proses penjualan lelang ini pembeli maupun penjual akan dikenakan Bea lelang atas penjualan barang lelang. Bea lelang adalah bea yang berdasarkan peraturan perundang-undangan dikenakan kepada penjual dan/atau pembeli atas setiap pelaksanaan lelang yang merupakan Penerimaa Negara Bukan Pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pemungutan bea lelang yang ada pada PT Pegadaian (persero) Cabang Manado Utara telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada, metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif komperatif dimana mahasiswa mampu untuk menggambarkan, menguraikan, menjelaskan suatu proses atau prosedur yang ada diperusahaan PT.Pegadaian (persero) cabang manado utara. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa Pelaksanaan prosedur pemungutan Bea Lelang pada kantor Pegadaian Cabang Manado Utara telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan telah mengikuti peraturan yang diberlakukan Menteri Keuangan nomor 93/PMK.06/2010 tentang petunjuk pelaksanaan Lelang, dimana di setiap pelaksanaan lelang harus dipungut Bea lelang terhadap pembeli dan penjual.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: B Perpajakan > BE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 17 Mar 2017 11:12
Last Modified: 17 Mar 2017 11:12
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item