PENYELENGGARAAN OTONOMI PENDIDIKAN DAN TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH PADA SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA

Polii, Bernadainty D. (2016) PENYELENGGARAAN OTONOMI PENDIDIKAN DAN TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH PADA SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA. PEDAGOGIA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8 (2). pp. 430-435. ISSN 1693-5799

[img]
Preview
Text
Jurnal 2.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Ketercapaian tujuan pendidikan ditentukan oleh proses pendidikan yang dialami oleh peserta didik. Sementara proses pendidikan yang berkualitas ditentukan oleh kualitas profesional dan dedikasi guru, sarana dan prasarana, media pembelajaran (buku, laboratorium, sarana dan prasarana olahraga) dan sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan sebagai bagian dari strategi penguatan dalam pembelajaran. Otonomi pendidikan yang benar harus selalu bertanggunga jawab kepada publik, karena sekolah didirikan oleh publik atau untuk melayani kebutuhan masyarakat. Otonomi tanpa akuntabilitas publik dapat mengarah ke tindakan sewenang-wenang. Pemerintah pusat tidak diperbolehkan untuk mengganggu wilayah pendidikan Pemerintah pusat hanya diperbolehkan untuk memberikan kebijakan nasional, seperti aspek kualitas dan kesetaraan. Kata kunci : Tujuan Pendidikan, Otonomi Pendidikan, Proses Pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: N General (Umum) > NE Artikel Lepas
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Operator
Date Deposited: 25 Mar 2017 10:14
Last Modified: 25 Mar 2017 10:14
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item