SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN, PENGUPAHAN, DAN PEMUNGUTAN PPh 21 PEGAWAI TETAP PADA PT.SEMEN TONASA “PACKING PLANT BITUNG”

Lompoliuw, Novitasari (2016) SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN, PENGUPAHAN, DAN PEMUNGUTAN PPh 21 PEGAWAI TETAP PADA PT.SEMEN TONASA “PACKING PLANT BITUNG”. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Novita Lompouuw.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Tonasa Packing Plant Bitung merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang produksi dan dagang, yang bertujuan untuk menjadi produsen terbaik dalam mendistribusikan semennya didaerah Sulawesi Utara,Gorontalo,Sangihe dan Talaud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara perusahaan memberikan gaji dan upah serta bagaimana cara Pemungutan PPh pasal 21 pegawai tetap pada perusahaan tersebut dan untuk mengetahui apakah prosedurnya sudah sesuai dengan pemungutan serta peraturan perpajakan dan sistem pengendalian intern yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan, menguraikan, menjelaskan dan membandingkan suatu praktek akuntansi yang terjadi pada perusahaan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : ketidaksesuaian dalam sistem pengendalian intern atas penggajian dan pengupahan, dimana pembagian tugas tidak berjalan dengan baik serta pemungutan PPh 21 atas karyawan tetap ditanggung oleh kantor pusat PT. Semen Tonasa. Kata kunci : Sistem pengendalian Intern, Penggajian dan Pengupahan, Pemungutan PPh pasal 21.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian Intern, Penggajian dan Pengupahan, Pemungutan PPh pasal 21.
Subjects: B Perpajakan > BE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 01 Apr 2017 08:44
Last Modified: 01 Apr 2017 08:44
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item