STUDI KASUS TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT DINAMIKA ANAK MUDA NASIONAL (DAMN!) I LOVE INDONESIA OUTLET CABANG MANADO

Gakur, Chresentius Robertus (2016) STUDI KASUS TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT DINAMIKA ANAK MUDA NASIONAL (DAMN!) I LOVE INDONESIA OUTLET CABANG MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi Penjualan merupakan salah satu dari keseluruhan Sistem Informasi Akuntansi yang diterapkan oleh perusahaan yang aktivitas utamanya berasal dari penjualan barang. Sistem informasi akuntansi penjualan ini sangat penting karena dapat memberikan pengendalian intern yang memadai terhadap penjualan produk. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian pada outlet tersebut. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan desain penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi dan wawancara terhadap pihak yang terkait dengan data yang diperlukan dalam penulisan tugas akhir ini, metode penulisan data yang penulis gunakan adalah metode deskriptif, dimana data yang dikumpulkan kemudian disusun dan dianalisis sehingga memberikan keterangan bagi pemecahan masalah yang dihadapi. Sistem informasi penjualan ini diharapkan menjadi metode alternatif dalam melakukan kegiatan penjualan di outlet dengan alur yang lebih mudah, efektif dan efisien. Penulis telah melakukan analisis dan juga telah mendapatkan hasil penelitian terhadap sistem informasi akuntansi penjualan pada PT DAMN! I Love Indonesia outlet cabang Manado. Dari penelitian tersebut pelaksanaan aktivitas-aktivitas outlet mengenai sistem informasi akuntansi penjualan belum pada posisi yang teratur dan sistemnya masih belum efektif dan efisien, jika tidak diatasi atau di perbaiki maka cepat atau lambat akan terjadi kesimpangsiuran antara outlet dan bagian pusat perusahaan. Adapun dokumen-dokumen pendukung sistem penjualannya sudah cukup baik tetapi ada baiknya beberapa dokumen atau formulir perlu ditambahkan. Setiap sistem akuntansi penjualan belum berjalan sesuai dengan sistem dan prosedur yang tepat. Karena setiap sistem yang ada hanya dilakukan secara manual dalam artian setiap data hanya diinputkan pada excel dan tidak terdata secara jelas seluruh item-item dari produk yang di jual. Disarankan agar pihak perusahaan membuat pemisahan tanggung jawab antara Kepala Toko dan jasa pembuat laporan keuangan dan juga bagian-bagian lainnya yang mempunyai fungsi yang terkait dengan kebutuhan outlet.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 28 Apr 2017 10:54
Last Modified: 28 Apr 2017 10:54
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item