ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PELAYANAN JASA KEUANGAN DALAM RANGKA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA KEUANGAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG GIRIAN

Bojoh, Elsya C. (2016) ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PELAYANAN JASA KEUANGAN DALAM RANGKA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA KEUANGAN PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) CABANG GIRIAN. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Elsya Bojoh.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem akuntansi pelayanan jasa keuangan dalam hal ini pelayanan kredit terhadap efektifitas dan efisiensi kinerja keuangan pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Girian, ditinjau melalui analisis rasio keuangan. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dengan cara mengevaluasi sistem akuntansi pelayanan kredit dan pengendalian intern beserta data keuangan perusahaan tahun 2014-2015 dimana penulis menggunakan data yang diperoleh dalam bentuk laporan keuangan dan juga melalui pertanyaan yang secara langsung kepada pihak PT Pegadaian (Persero) Cabang Girian. Data penelitian ini dari hasil wawancara, studi pustaka, dan dokumenter. Jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif yaitu analisis yang deskriptif dengan memperbandingkan antara teori dan praktik yang dijalankan pada objek penelitian. Penulis menggunakan teori Mulyadi untuk mengevaluasi sistem akuntansi pelayanan kredit yang diterapkan. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu dengan membandingkan teori dengan praktik yang terjadi pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Girian yang menunjukkan bahwa sistem akuntansi pelayanan kredit yang diterapkan dilihat dari SOP perusahaan dan teori yang digunakan belum berjalan dengan baik. Masih terdapat kelemahan seperti pemisahan fungsi antara bagian penyimpan barang dengan bagian pemegang kunci gudang yang memungkinan terjadi penyelewengan barang jaminan kecil, pada bagian pencatatan pada buku kas dengan bagian pengarsipan dipisahkan, dan dalam penetapan uang pinjaman harus mendapat otorisasi yang memadai yaitu dua kali. Dari hasil analisis tersebut pemecahan masalah yang terjadi dapat dilakukan dengan membenahi sistem akuntansi pelayanan kredit lebih baik lagi. Dimana perusahaan perlu memperbaiki pemisahan fungsi antara bagian penyimpanan barang dan bagian kunci yang harus dipisahkan, pada bagian pencatatan pada buku kas dengan bagian pengarsipan dipisahkan, sehingga struktur organisasi yang dibentuk berjalan sebagaimana mestinya, dalam penetapan uang pinjaman harus mendapat otorisasi yang memadai yaitu dua kali, yang pertama oleh penaksir dan yang kedua oleh manajer cabang. Untuk hubungan sistem akuntansi terhadap kinerja keuangan cukup baik hal itu terlihat dari hasil laporan keuangan tahun 2014 ke tahun 2015 yang mengalami peningkatan sehingga menunjukkan tercapainya kinerja keuangan yang efektif dan efisien Kata Kunci : Sistem Akuntansi Pelayanan Jasa Keuangan, Efektifitas dan Efisiensi, Kinerja Keuangan

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Pelayanan Jasa Keuangan, Efektifitas dan Efisiensi, Kinerja Keuangan
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 28 Apr 2017 14:18
Last Modified: 28 Apr 2017 14:18
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item