ANALISIS AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 07 DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 71 TAHUN 2010 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Manado)

Nyita, Fendra (2016) ANALISIS AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 07 DALAM PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 71 TAHUN 2010 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Manado). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Perubahan tata kelola keuangan negara Republik Indonesia memang selalu dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan mutu kualitas pengelolaan, akuntabilitas serta transparansi keuangan negara secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya standar akuntansi pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010. Laporan keuangan menyajikan berbagai informasi salah satunya aset tetap, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi aset tetap pada KPKNL Manado, dan untuk menganalisis penerapan aset tetap berdasarkan PSAP Nomor 07. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan datas yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyajian laporan keuangan KPKNL Manado tahun 2015 berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, dan pengelolaan aset tetap berpedoman pada PSAP No. 07, walaupun tidak semua aset tetap KPKNL Manado berdasarkan PSAP Nomor 07. KPKNL Manado untuk tahun-tahun selanjutnya kiranya dapat menyajikan dan mengungkapan aset tetap dalam laporan keuangan sesuai konsep PSAP No. 07, sehingga laporan keuangan tesebut mengikuti SAP yang ada di lingkungan pemerintah. Kata Kunci: Standar Akuntansi Pemerintah, Aset Tetap, Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Pemerintah, Aset Tetap, Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah Nomor 07
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 05 May 2017 14:27
Last Modified: 05 May 2017 14:27
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item