ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 23 TERHADAP PENDAPATAN JASA (Studi Kasus Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Manado)

Kaparang, Gabriella (2016) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 23 TERHADAP PENDAPATAN JASA (Studi Kasus Pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Manado). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Perlakuan pendapatan bagi perusahaan asuransi sangatlah penting karena pendapatan ini harus cukuo untuk membayar klaim dan beban-beban perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan pendapatan dan kesesuaiannya dengan PSAK nomor 23 pada AJB Bumiputera 1912 Manado. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor AJB Bumiputera 1912 Manado. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang menjelaskan dan menganalisis prosedur perlakuan pendapatan pada perusahaan dengan standar akuntansi yang berlaku umum. Dari hasil penelitian diketahui bahwa perusahan tidak menerapkan pengakuan pendapatan yang sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 23 yaitu pengakuan pendapatan dengan dasar akrual. Perusahaan mengakui pencatatan pendapatan dengan dasar kas atau pada saat kas diterima. Perusahaan juga tidak melaksanakan pengungkapan dalam catatan atas laporan keuangan sesuai dengan PSAK. Sebaiknya perusahaan menerapkan perlakuan pendapatan yang sesuai dengan PSAK terkait pengakuan, pengukuran dan pengungkapan pendapatan. Dengan menggunakan dasar akrual dalam pengakuan pendapatan dan pengungkapan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum, maka informasi mengenai laporan keuangan perusahaan bisa lebih akurat dan terpercaya. Kata kunci: PSAK 23, Pendapatan Jasa

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: PSAK 23, Pendapatan Jasa
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Operator
Date Deposited: 05 May 2017 14:46
Last Modified: 05 May 2017 14:46
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item