PENGARUH MUTU PELAYANAN STAFF BANQUET SECTION TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL GRAN PURI MANADO

Kandou, Oktavyan F (2016) PENGARUH MUTU PELAYANAN STAFF BANQUET SECTION TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL GRAN PURI MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
9 BAB 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah banyaknya tamu yang berkunjung di kawasan Wakeke kelurahan Mahakeret Barat, kecamatan Wenang. Alasan tamu berkunjung di tempat ini berbeda-beda dan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apa saja faktor yang mempengaruhi tamu menikmati tinutuan di lokasi wisata makanan jalan Wakeke, kelurahan Mahakeret Barat, kecamatan Wenang.. Metode analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif untuk menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam masyarakat, pertentangan 2 keadaan atau lebih, hubungan antar variable, perbedaan antar fakta, pengaruh suatu kondisi dan lain-lain.Penelitian ini dilakukan di 3 restoran yang ada di kawasan Wakeke selama 3 bulan yaitu dari bulan Maret dampai dengan Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang mempengaruhi tamu menikmati tinutuan di kawasan Wakeke kelurahan Mahakeret Barat, kecamatan Wenang. Yang pertama adalah karena kawasan Wakeke sudah terkenal dengan melihat jumlah tamu yang mengunjungi ketiga objek penelitian mencapai 7.600 tamu per bulan. Faktor yang kedua adalah pelayanan yang cukup memuaskan dengan persentase 57.5% responden menyatakan pelayanan cukup ramah, 52.5% responden menyatakan lamanya pelayanan yang dirasakan cukup memuaskan dan 40% responden merasa cukup puas dengan kecekatan pelayannya. Faktor selanjutnya adalah kebersihan restoran, yaitu dengan 62.5% responden menyatakan bahwa lingkungan luar restoran bersih, 75% responden menyatakan lingkungan dalam restoran bersih serta fasilitas dan peralatan dinyatakan bersih oleh 70% responden. Faktor yang terakhir adalah tempat yang nyaman. Saran dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga tamu semakin merasa puas dengan pelayanannya, juga diperlukan pengaturan tata letak yang baik akan kawasan Wakeke sehingga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi ketika banyak tamu yang berkunjung di kawasan ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: kuliner, wisata kuliner, restoran.
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 23 Nov 2017 12:11
Last Modified: 23 Nov 2017 12:15
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item