“PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MICROS POS (POINT OF SALES) TERHADAP EFISIENSI PELAYANAN KARYAWAN RESTORAN DI NOVOTEL MANADO GOLF RESORT AND CONVENTION CENTER”

PALAR, FRENY PRILLY (2016) “PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI MICROS POS (POINT OF SALES) TERHADAP EFISIENSI PELAYANAN KARYAWAN RESTORAN DI NOVOTEL MANADO GOLF RESORT AND CONVENTION CENTER”. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan pesat, membuktikan bahwa berkembang pula inovasi serta kreativitas dari beberapa kalangan masyarakat. Salah satu perkembangannya yaitu teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara penggunaan Micros POS (point of sales) yang merupakan sistem indormasi pendukung kegiatan operasional pada restoran yang ada di Novotel Golf Resort and Convention Center dengan efisiensi pelayanan karyawan restoran. Responden yang digunakan adalah para karyawan yang secara langsung bekerja dan tamu yang berkunjung pada restoran di Novotel Golf Resort and Convention Center. Metode Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Model Skala Likert yang dibagikan pada beberapa responden dan data-data yang diambil dari beberapa buku yang berhubungan. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan pendekatan ini, dapat dijelaskan hubungan dan pengaruh antara kedua variabel yaitu penggunaan sistem informasi Micros POS (point of sales) sebagai variabel X (bebas) dan efisiensi pelayanan karyawan restoran sebagai variabel Y (terikat). Untuk itu, peneliti menggunakan beberapa metode analisis data mencari hubungan antara pengaplikasian sistem informasi Micros POS (point of sales) sebagai variabel X (bebas) dan efisiensi pelayanan karyawan restoran sebagai variabel Y (terikat), diantaranya menghitung koefisien korelasi, menghitung koefisien penentu (KP) selanjutnya menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah: Pertama, ditemukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (kuat / tinggi) antara penggunaan Micors POS (point of sales) (X) dengan efisiensi pelayanan karyawan restoran (Y) yang dinyatakan melalui hasil nilai r = 0,8601. Kedua, melalui koefisien penentu untuk mengetahui besarnya sumbangan sebuah variabel atau lebih (variabel bebas, X) pengaplikasian Micros POS (point of sales) terhadap variasi (naik / turunnya) variabel yang lain (variabel terikat, Y) efisiensi pelayanan karyawan restoran. Dari hasil diatas, memberikan pengertian bahwa variasi (naik/turunnya) efisiensi kerja karyawan restoran yang dipengaruhi oleh penggunaan Micros POS (point of sales) sekitar 74,10% dan selebihnya 25,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Serta melalui perhitungan regresi linear sederhana, H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang nyata variabel (X) penggunaan micros pos (point of sales) terhadap variabel (Y) efisiensi pelayanan karyawan restoran.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan micros pos, efisiensi, pelayanan
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 23 Nov 2017 13:24
Last Modified: 23 Nov 2017 13:24
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item