LUMOWA, CHRISTIAN OKE (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KEPUASAN TAMU DI MANADO QUALITY HOTEL. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (5kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan (quality service) dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi para konsumen atas pelayanan yang nyata-nyata mereka terima / peroleh dengan pelayanan yang sesungguhnya mereka harapkan dan inginka. Dalam dunia perhotelan keberhasilan dalam menghasilkan kamar yang baik terletak pada kualitas pelayanan yang dikerjakan oleh seorang room attendant saat pembersihan kamar yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh masing-masing hotel agar para tamu merasa puas dengan pelayanan yang dikerjakan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif yaitu mengambarkan fenomena atau masalah yang sedang terjadi pada suatu objek penelitian. Penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi yang diambil adalah tamu yang menginap di Manado Quality Hotel yang telah diamati selama 7 (tujuh) hari kerja dengan jumlah 100 orang sedangkan sampelnya sebanyak 30 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif. Total Score, analisi regresi serta korelasi sederhana. Sedangkan hasil analisis penelitian Nilai koefisien korelasi (Multiple R) r sebesar 0.68 yang termasuk pada kategori kuat antara variable kualitas pelayanan dan kepuasan tamu. Koefisien (R Square) sebesar 0.465186 menunjukan 46.5% variable kepuasan tamu di pengaruhi oleh variasi kualitas pelayanan dan sisanya 53.5% dipengaruhi factor lain. Dalam hal ini dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan akan meningkatkan juga kepuasan tamu. Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatan kepuasan tamu yang menginap di Manado Quality Hotel.
Item Type: | Karya Ilmiah (Mahasiswa) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan, Room Attendant, Kepuasan Tamu |
Subjects: | E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi |
Divisions: | Niaga > Jurusan Pariwisata |
Depositing User: | Mr Sonnie Marsabessy |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 09:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 09:26 |
URI: | http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |