PEMANFAATAN WEBSITE OLEH TAMU DALAM MELAKUKAN RESERVASI DI NOVOTEL GOLF RESORT AND CONVENTION CENTER MANADO

Adipati, Ingryt Grity (2016) PEMANFAATAN WEBSITE OLEH TAMU DALAM MELAKUKAN RESERVASI DI NOVOTEL GOLF RESORT AND CONVENTION CENTER MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi .docx

Download (27kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (33kB)

Abstract

Model pemasaran dimana tamu atau pelanggan yang menggunakan internet atau website untuk melakukan reservasi telah tumbuh secara signifikan akhir-akhir ini. Website tidak hanya menyediakan informasi tentang produk perusahaan tetapi juga akses ke pelanggan untuk mengkonsumsi atau membeli produk. Akses online, memperpendek dan mempercepat proses transaksi. Novotel Manado Golf Resort dan Convention Center telah menggunakan website untuk memasarkan produk-produknya sejak 2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah tamu pemesan melalui website lebih rendah daripada pemesanan lainnya. Namun ada sejumlah besar reservasi dan pemesanan dilakukan melalui website dan hotel sebaiknya secara agresif mempromosikan situsnya. Ada beberapa alasan di balik sikap enggan tamu untuk reservasi online. Antara lain bahwa tamu potensial tidak tahu keberadaan website atau jika mereka tahu situs website tetapi mereka tidak tahu bagaimana menggunakan atau ragu-ragu untuk menggunakannya atau khawatir tentang keamanan transaksi. Menggunakan metode deskriptif, fenomena di atas dieksplorasi dan ditabulasi sebelum ditafsirkan kedalam tabel kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa reservasi online jauh lebih tinggi dibandingkan dengan walk-in guest dan lebih rendah dari perusahaan dan agen perjalanan, dan reservasi melalui telepon langsung dan tidak langsung. Alasan paling banyak dari tamu yang enggan menggunakan situs website karena tidak mengetahui adanya website. Mereka yang memilih untuk memesan hotel melalui reservasi online adalah karena mereka telah dijamin adanya ketersediaan kamar, atau mereka memiliki lebih banyak pilihan, mudah dan praktis, jauh lebih murah, mereka memiliki pengalaman menggunakan website dan lebih mudah saat proses check-in. Melalui penelitian ini, Novotel Golf Resort dan Convention Center dianjurkan untuk memberitahukan kepada tamu agar lebih memanfaatkan website secara individu ketika check-in.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Website, Reservasi, Distribution Channel
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 07 Dec 2017 09:31
Last Modified: 07 Dec 2017 09:31
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item