Damongilala, Jenri (2016) ANALISIS PENTINGNYA EVALUASI KINERJA BAGI JUNIOR STAFF DALAM MENCAPAI STANDARD OPERATING PROCEDURE DI FRONT OFFICE DEPARTMENT SUN ISLAND HOTEL KUTA KUTA - BALI. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.
![]() |
Text
Daftar isi.doc Download (39kB) |
![]() |
Text
Bab I.docx Download (31kB) |
Abstract
Hotel merupakan industri jasa yang dimana pelayanan merupakan hal utama yang sangat penting untuk menjalankan operasional hotel. Namun, Pelayanan yang di berikan oleh senior staff berbeda dengan yang diberikan oleh junior staff yang mana disebabkan oleh junior staff yang belum mencapai Standard Operating Procedure yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya evaluasi kinerja bagi junior staff dalam mencapai SOP (Standard Operating Procedure) di Front office department Sun Island Hotel Kuta, Bali. Evaluasi Kinerja atau Performance Evaluation adalah proses mengevaluasi seberapa baik karyawan melakukan pekerjaan mereka jika dibandingkan dengan seperangkat standar (work standard) dan kemudian mengkomunikasikan informasi tersebut kepada karyawan. Suatu standar/pedoman tertulis yang digunakan untuk mendorong suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Metode penelitan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif komparatif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan perbedaan dalam hal pelayanan yang diberikan oleh staf Hasil penelitian membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh junior staff berbeda dengan yang diberikan oleh senior staff. Hal ini diakibatkan oleh junior staff yang belum mencapai standard operating procedure. Peneliti mendapati bahwa rata – rata senior staff melakukan SOP yang merupakan bahan perbandingan sebesar 97,5 persen sedangkan junior staff hanya melakukan sebesar 40,7 persen. Dari hasil tersebut, maka evaluasi kinerja dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja junior staff sehingga dapat terciptanya pelayanan yang sama antara satu dengan yang lain. Dari hasil tersebut maka disarankan kepada pihak manajemen Sun Island Hotel Kuta dalam hal ini pimpinan Front Office Department untuk melakukan pengawasan dalam setiap operasional, mengadakan pelatihan secara berkala/periodik dan melakukan pendekatan berupa mentoring.
Item Type: | Karya Ilmiah (Mahasiswa) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbedaaan Pelayanan, Evaluasi kinerja, Standard Operating Procedure |
Subjects: | E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi |
Divisions: | Niaga > Jurusan Pariwisata |
Depositing User: | Mrs Sarini Podomi |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 10:37 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 10:37 |
URI: | http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |