PERSEPSI TAMU TERHADAP INDUSTRI HOTEL DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Gigir, Krestian (2016) PERSEPSI TAMU TERHADAP INDUSTRI HOTEL DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi.docx

Download (16kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (25kB)

Abstract

Perkembangan Kabupaten Minahasa Selatan turut berimbas pada industri perhotelan. Banyaknya iven serta promosi pariwisata membuat daerah ini mulai dikunjungi wisatawan atau tamu. Industri hotel berlomba-lomba untuk menjual produk hotelnya kepada calon tamu. Maka dari itu persepsi tamu sangat mempengaruhi tamu untuk memenentukan menginap di suatu hotel. Persepsi adalah tanggapan seseorang terhadap suatu pengalaman yang dialaminya terhadap suatu suatu objek dan kejadian-kejadian dengan bantuan inderanya. Tamu adalah orang yang datang ke hotel baik yang menginap, maupun tidak menginap dalam waktu yang bersifat sementara. Industri hotel adalah industri pariwisata yang menyediakan fasilitas akomodasi, makanan dan minuman, serta hospitaliti kepada tamu dan dikelola secara komersil. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang didukung dengan data-data yang bersifat kuantitatif, dengan menggunakan analisis likert, serta kriteria interpretasi skor. Hasil penelitian didapat dari persepsi tamu secara umum adalah Hotel Sutanraja Amurang fasilitasnya sangat baik dengan persentase 95 %, tetapi dari segi pelayanan tergolong cukup dengan persentase 60%. Shiera Villa & Restoran Amurang dengan fasilitas tergolong cukup dengan persentase 49 %, dan pelayanan kepada tamu tergolong baik dengan persentase 78 %. Fasilitas Hotel Prince Amurang tergolong kurang baik dengan persentase 33 %, dan pelayanannya tergolong kurang baik dengan persentase sebesar 27 %. Dari hasil tersebut disarankan kepada industri hotel di Kabupaten Minahasa Selatan agar perlu adanya peningkatan fasilitas sesuai tipe hotel, peningkatan SDM, serta peningkatan mutu pelayanan kepada tamu di hotel.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Perception, Guest, Hotel Industry
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 07 Dec 2017 13:57
Last Modified: 07 Dec 2017 13:57
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item