PENERAPAN STANDART OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) TERHADAP KINERJA PARA STAFF LAUNDRY SECTION DI HOTEL SINTESA PENINSULA MANADO

Lumbantobing, David Rully (2016) PENERAPAN STANDART OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) TERHADAP KINERJA PARA STAFF LAUNDRY SECTION DI HOTEL SINTESA PENINSULA MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (33kB)

Abstract

SOP adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja berdasarkan indikator indikator teknis, administrasif dan prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. Dalam dunia perhotelan standar operasional prosedur adalah patokan atau acuan yang menjadi standar dalam menjalankan tugas sebagai seorang karyawan. Sintesa Peninsula Hotel Manado memiliki standar operasional yang dibuat dalam rangka untuk memberikan batas-batas dari sebuah departemen dalam melakukan tugasnya sesuai dengan standar. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah para staff laundry bekerja sesuai dengan SOP yang di tetapkan oleh Sintesa Peninsula Hotel Manado. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif bertujuan untuk meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, data dikumpulkan kemudian dianalisis. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada beberapa prosedur yang tidak/kurang dilakukan dalam hal perawatan mesin laundry secara rutin, beberapa soil yang seringkali tidak dicuci pada saat diperlukan secara mendadak dan lain-lain. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah, beberapa SOP dapat dilakukan selama tidak terlalu merepotkan atau yang tidak menguras waktu dan tenaga lebih. Berdasarkan kesimpulan saran yang diberikan adalah kiranya pihak hotel melihat letak terjadinya masalah dan lebih meningkatkan pengawasan dalam bekerja dan sebaiknya para staff laundry bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur secara tepat.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: SOP, Kinerja, Laundry
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 07 Dec 2017 14:15
Last Modified: 07 Dec 2017 14:15
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item