ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENDAPATAN LAYANAN PURNA JUAL PADA PT SINAR GALESONG PRIMA

TUMBELAKA, MIRANDA F. (2017) ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENDAPATAN LAYANAN PURNA JUAL PADA PT SINAR GALESONG PRIMA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB 1.doc

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Sistem Akuntansi Pendapatan Layanan Purna Jual yang ada di PT Sinar Galesong Prima. Pendapatan layanan purna jual diperusahaan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu melalui pelayanan perbaikan kendaraan (service) dan penjualan sparepart. Lokasi penelitian dilakukan pada PT Sinar Galesong Prima. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan kendaraan, sparepart dan service. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada karyawan bagian service dan akuntansi serta melakukan observasi langsung di perusahaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Pendapatan Layanan Purna Jual di perusahaan berasal dari pelayanan perbaikan kendaraan (service). Jika dilihat dari pengendalian internal yang ada, perusahaan telah menerapkan pemisahan tanggung jawab secara tegas, melaksanakan sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, adanya praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu Sistem Akuntansi Pendapatan Layanan Purna Jual di perusahaan telah berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjang dengan adanya penerapan unsur-unsur pengendalian intenal dalam perusahaan. Selain itu, setiap bagian juga telah memiliki wewenang serta tanggung jawab yang jelas, maka diharapkan sebaiknya perusahaan mempertahankan fungsi terkait yang telah ditetapkan. Rekomendasi penulis yaitu, perusahaan sebaiknya melaksanakan pelatihan (training) karyawan baru untuk semua bagian/fungsi yang akan ditempatkan bukan hanya untuk bagian/fungsi tertentu saja. Perusahaan juga harus lebih memperhatikan bahkan mengembangkan aplikasi yang sering digunakan untuk meminimalisir terjadinya system error atau gangguan jaringan agar pekerjaan dapat selesai tepat pada waktunya serta tidak terjadi lagi selisih dalam pengakumulasian biaya servis oleh service advisor (SA).

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Pendapatan, Layanan Purna Jual, Perbaikan kendaraan (Service).
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 21 Feb 2018 14:13
Last Modified: 21 Feb 2018 14:13
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item