AIPASSA, NAUFAL I. (2017) SISTEM UDARA MASUK DAN GAS BUANG PADA MESIN DIESEL SWD 9 TM 410 RR. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.
![]() |
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (27kB) |
Abstract
Sistem udara masuk dan buang terdiri dari filter udara masuk (air intake filter), turbocharger, CAC (Charge Air Cooler), dan exhaust gas silincer atau knalpot. Fungsi dari filter udara masuk adalah menghalangi kotoran berupa debu dan partikel padat lainnya masuk ke sistem udara masuk dan buang. Untuk mesin-mesin kecil biasanya menggunakan cartridge sebagai filternya, sedangkan untuk mesin-mesin yang sangat besar biasanya dilengkapai dengan oil trap. Turbocharger adalah suatu komponen tambahan yang digunakan pada mesin-mesin diesel sedang hingga besar. Komponen ini sangat membantu meningkatkan performa dari mesin diesel. Terdiri dari dua sisi yaitu sisi blower (sisi isap) dan sisi turbin (sisi buang). Prinsip kerja dari turbocharger adalah pemanfaatan gas buang hasil pembakaran yang masih mempunyai sisa energi digunakan untuk tenaga pada sisi blower melalui turbin. Udara yang dihasilkan oleh blower mempunyai tekanan yang tinggi sehingga sangat meningkatkan daya yang dihasilkan oleh mesin diesel itu sendiri. Charge Air Cooler (CAC) berfungsi sebagai pemampat udara yang ditekan oleh blower sehingga lebih besar densitinya melalui proses pendinginan, Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan temperatur udara masuk ruang bakar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Mahasiswa) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mesin Diesel, sistem udara, gas buang |
Subjects: | J Machine and Production > JE Tesis. Disertasi dan Skripsi |
Divisions: | Teknik > Jurusan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Sonnie Marsabessy |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 09:49 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 09:49 |
URI: | http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |