ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES AND THREATS (SWOT) TERHADAP STRATEGI PELAYANAN PUBLIKM DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN MANADO)

Dalensang, Jeyn Falentina (2018) ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES AND THREATS (SWOT) TERHADAP STRATEGI PELAYANAN PUBLIKM DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN MANADO). Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Skripsi Jeyn F. Dalensang 14042014 - Copy.doc

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Unit Pelaksana Teknis Badan Manado dengan tujuan untuk menganalisis strategi pelayanan kepada wajib pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor yang optimal. Metode Penelitian menggunakan metode deskritif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi selama 6 bulan. Data yang dapat dikumpulkan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats dan wawancara dengan Kasi Pelayanan Pemungutan PKB dan Wajib Pajak. Data sekunder yang diperoleh referensi dan literatur-literatur yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Metode analisis data dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities And Threats). Dan hasil penelitian menunjukan strategi yang harus ditempuh adalah, a) strategi Strenghts-Opportunities yaitu meningkatkan SDM, pengembangan kualitas pelayanan ditunjang dengan fasilitas pelayanan yang memadai, hubungan kerjasama yang baik, mengadakan promosi dan sosialisasi. b) strategi Strengths-Threats yaitu giat mensosialisasikan sistem dan dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor, meningkatkan pelayanan dengan keramahan dan kejujuran. c) strategi Weaknesses-Opportunities yaitu meningkatkan hubungan kerjasama yang baik, meningkatkan dan memperbaiki saran/prasarana pelayanan. d) strategi Weaknesses-Threats yaitu meningkatkan fokus dalam pencapain target, memperbaharui dan meningkatkan pelayanan untuk lebih baik dan bermutu. Rekomendasi bagi Instansi sebaiknya lebih meningkatkan kinerja pelayanan dengan strategi-strategi pelayanan yang lebih inovativ, yang ditunjang dengan fasilitas pelayanan yang memadai seperti mengikuti perkembangan informasi dan teknologi, serta instansi giat melakukan sosialisasi dan promosi kepada wajib pajak.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Pelayanan wajib pajak, SWOT, DAERAH UNIT PELAKSANA TEKNIS BADAN MANADO
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 06 Nov 2018 12:19
Last Modified: 06 Nov 2018 12:19
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item