Maameah, Angelikha Y. (2019) DESAIN CAMPURAN AC-BC MENGGUNAKAN QUARRY AYONG, DAN METODE PELAKSANAAN PADA PROYEK PRESERVASI REKONSTRUKSI JALAN MATALI TOROSIK KABUPATEN BOLMONG. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.
Text
COVER, DAFTAR ISI, BAB I.pdf Download (4MB) |
Abstract
Desain Campuran Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) yang dimaksudkan untuk melakukan pencampuran antara agregat, filler, dan aspal dengan ukuran dan komposisi yang telah ditetapkan sehingga dari hasil pencampuran tersebut dapat diketahui Kadar Aspal Optimum melalui pemeriksaan selanjutnya dengan menggunakan alat Marshall. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen di laboratorium. Benda uji bricket dibuat dalam lima variasi kadar aspal 4.5%, 5.0%, 5.5%, 6.0%, dan 6.5%. Pengujian ini dimaksudkan untuk mendaptkan Kadar Aspal Optimum (KAO) Density, Void in Mineral Agregat (VMA), Voit in the Mix (VIM), Void Filled With Asphalt (VFA), Stabilitas, Flow, dan Marshall Quotient (MQ). Hasil penelitan yang memenuhi spesifikasi menunjukan bahwa density, flow, stability, MQ, VMA, AC-BC semua memenuhi syarat, pada VIM dari 6.29% sampai 6.5%, VFB 5.95% sampai 6,5%. Dari seluruh hasil pengujian diperoleh nilai kadar aspal optimum AC-BC sebesar 6.35% dengan nilai stability 1210.0 kg. Void in the Mix (VIM) 5.00%, Void in Mineral Agregat (VMA)16.99%, Void Filled with Asphalt (VFA) 63.00%, Density 2.37 gr, Flow 3.51 mm dan Marshall Quotient 384.00 kg
Item Type: | Karya Ilmiah (Mahasiswa) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkerasan lentur, laston, ac-bc |
Subjects: | H Roads and Bridges > HE Tesis. Disertasi dan Skripsi |
Divisions: | Teknik > Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Sarini Podomi |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 12:42 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 12:42 |
URI: | http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2363 |
Actions (login required)
View Item |