Penerapan SMK3, Data Lalu Lintas Dan Data Tanah Pada Konstruksi Jalan di Ruas Jalan Raya Amurang Kabupaten Minahasa Selatan

Sompie, Tampanatu (2021) Penerapan SMK3, Data Lalu Lintas Dan Data Tanah Pada Konstruksi Jalan di Ruas Jalan Raya Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Dosen/Pengajar thesis, POLITEKNIK NEGERI MANADO.

[img] Text
JURNAL_Penerapan SMK3, Data Lalu Lintas Dan Data Tanah Pada Konstruksi Jalan di Ruas Jalan Raya Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan jalan merupakan kebutuhan yang sangat vital sebagai pendukung utama mobilitas orang dan barang serta aktivitas ekonomi. Dalam suatu pelaksanaan pekerjaan konstruksi, untuk menekan resiko kerugian maka pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) difokuskan kepada tiadanya kecelakaan kerja atau “zero accident”. Upaya untuk menihilkan kecelakaan kerja harus dilakukan dengan upaya- upaya pencegahan terjadinya kecelakaan itu sendiri yang dapat dilakukan melalui suatu proses identifikasi dan analisa akan terjadinya bahaya (hazard) dan ditindak lanjuti dengan tindakan pengendaliannya (control). Data lalu lintas dan data tanah sangat diperlukan pada perencanaan transportasi dan konstruksi jalan termasuk dalam perencanaan tebal perkerasan jalan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bahaya dan penanggulangan resikonya sebagai bagian dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) untuk diterapkan dalam pelaksanaan pekerjaan, mendapatkan data LHR, dan data daya dukung tanah di lokasi penelitian yang berada di ruas jalan raya Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data-data lapangan berupa metode pelaksanaan pekerjaan jalan, survei lalu lintas, dan data tanah menggunakan alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Hasil yang diperoleh adalah bahaya yang dapat terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan jalan di lokasi studi telah diidentifikasi dan dibuat rencana aksi berupa penanggulangan resikonya, Volume lalu-lintas dari arah Tumpaan – Amurang lebih besar dibandingkan volume lalu-lintas dari arah Amurang – Tumpaan sebesar 4006 kendaraan. Dari grafik penentuan CBR desain 90% diperoleh nilai CBR tanah dasar adalah 7.68% dan nilai Daya Dukung Tanah (DDT) sebesar 5.51%.

Item Type: Karya Ilmiah (Dosen/Pengajar)
Subjects: I Building Construction > ID Karya Ilmiah
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: User 1
Date Deposited: 08 Nov 2022 13:49
Last Modified: 08 Nov 2022 13:49
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item