Using Facebook as Social Media In Recognition for Mahoni and Rainbow Tourism Attraction In West Tomohon

Sinolungan, Linda and Kondoj, Telly Hetty Isje and Lumare, Mercy Ariane and Sendow, Deby Ch, and Tuwaidan, Altje E. (2022) Using Facebook as Social Media In Recognition for Mahoni and Rainbow Tourism Attraction In West Tomohon. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 5 (2). pp. 293-298. ISSN 2621-7791

[img] Text
Jurnal JHP Vol 5 No 2 Juli 2022 1.pdf

Download (467kB)
Official URL: https://www.jurnal1.polimdo.ac.id/index.php/JHP/ar...

Abstract

Penggunaan media sosial Facebook sebagai media promosi dianggap lebih efektif dibandingkan media lain seperti brosur dan leaflet, karena penyebaran informasi via media sosial yang lebih efisien dan dapat melakukan penyiaran secara luas mengenai destinasi wisata yang ada. Strategi dalam pembuatan video promosi dapat dirangkum dalam tahapan produksi yang meliputi kegiatan pra produksi, yaitu penentuan konsep dan tema serta pemilihan model sebagai penambah daya tarik dalam video, selanjutnya tahapan produksi dimana dilakukan pengambilan video yang dilakukan di lapangan dan terakhir merupakan kegiatan pasca produksi yaitu penyeleksian, penyuntingan gambar dan pengemasan konten video dengan menampilkan wisata-wisata unggulan di kota Tomohon, dengan serta memperhatikan aspek-aspek utama dengan menampilkan keindahan yang ada pada setiap destinasi wisata guna menarik minat viewers. Sebagaimana yang kita tahu media sosial memiliki sistem jaringan antar pengguna dimana tiap pengguna dapat saling terhubung dan berbagi informasi satu dengan yang lainnya, sebagaimana yang di jelaskan Nasrullah Rully (2017) dalam buku Media Sosial karakteristik yang tidak dimiliki media lain, media sosial punya keunggulan berupa; 1. Jaringan (Network) Media sosial memiliki karakter yang terbangun dari struktur sosial yang terbentuk di dalam jarigan internet. Jaringan yang terbentuk antarpengguna (users) merupakan jaringan secara teknologi dimediasi oleh perangkat teknologi, seperti computer, telepon genggam, atau tablet. 2. Informasi. Pengguna media sosial mengkreasikan representasi identitasnya, memproduksi konten, dan melakukan interkasi berdasarkan informasi. 3. Arsip. Bagi pengguna media sosial, arsip menjadi sebuah karakter yang menjelaskan bahwa informasi telah tersimpan dan bisa diakses kapanpun dan melalui perangkat apapun 4. Interaksi. Karakter dasar dari media sosial adalah terbentuknnya jaringan antarpengguna. Jaringn yang todak hanya memperluas hubungan di internet semata, tetapi juga dibangun dengan interaksi antar pengguna tersebut.5. Simulasi Sosial. Media sosial memiliki karakter sabagai medium berlangsungnya masyarakat di duni virtual. Layaknya msyarakat atau Negara, di media sosial juga terdapat aturan dan etika yang mengikat penggunannya. 6. Konten Oleh Pengguna. User generated content (UGC) atau konten oleh pengguna adalah salah satu karakter dari media sosial. Term ini menunjukkan bahwa di media sosial konten sepenuhnya milik dan berdasarkan kontribusi pengguna atau pemilik akun. 7. Penyebaran (Sharing) Penyebaran (Share) merupakan cirri khusus dari media sosial yang menunjukkan khalayak aktif menyebarkan konten sekaligus mengembangkannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data primer melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Studi literatur dan internet terkait masalah penelitian dalam pengenalan objek wisata Mahoni dan objek Wisata Pelangi Di Kota Tomohon. Penelitian mengetahui media social elekronik Video Facebook dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mengetahui apakah penggunaan Video Promosi via Facebook lebih efektif daripada media lain.

Item Type: Article
Subjects: E Hospitality and Tourism > ED Karya Ilmiah
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Andre Tuerah
Date Deposited: 15 May 2023 01:13
Last Modified: 15 May 2023 01:13
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item