IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BISNIS UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UNGGULAN DAERAH

Moningka, Silvira Pingkan (2022) IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN BISNIS UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UNGGULAN DAERAH. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri manado.

[img] Text
Cover, Daftar Isi, Bab I.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) adalah usaha yang punya peran penting dalam perekonomian Negara Indonesia , baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya UMKM memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat ,serta mendorong pertumbuhan perekonomian serta mengembangkan produk-produk unggulan dari daerah masing�masing. Peran dari UMKM bisa mendorong kemajuan untuk peningkatan serta memasarkan dan memperkenalkan tiap produk dari daerah masing-masing. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan serta memngembangkan produk-produk unggulan daerah lewat digital marketing serta meningkatkan proses produksi penjualan. Media yang digunakan digital marketing adalah Facebook,Instagram,Email,WhatsApp untuk mempromosikan produk yang di berikan. Dalam hal ini produk yang akan di promosikan yaitu produk unggulan daerah yang berbahan dasar Nira Aren yang di produksi langsung dari mitra Ongon Jaya dan di kembangkan menjadi produk oleh UMKM AUSI dengan nama perusahaan yaitu Kertina’s Home Industry. Produk ini memiliki merek yaitu “KELUARGA”, yang dimana produk ini digunakan pada saat Event Gereja ataupun bisa digunakan untuk menjadi souvenir. Dalam penelitian ini pemasaran digital diunakan untuk mengembangkan mempromosikan penjualan produk merek “KELUARGA” kepada masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk berbahan dasar Nira Aren tidak hanya digunakan dalam hal negativ tapi jugas bisa dikelolah menjadi produk ungulan daerah seperti minuman perjamuan yang digunakan saat event gereja. Selain itu juga produk ini bisa dikembangkan lewat media sosial digital marketing untuk lebih dikenal di kalangan masyarakat. Hasil yang akan didapatkan setelah promosikan produk ini kepada masyarakat dengan media digital marketing, maka akan ada peningkatan penjualan dari UMKM Kertina’s Home Industry serta peningkatan produksi kepada mitra Ongon Jaya.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, UMKM, Produk Unggulan Daerah,Home Industry
Subjects: B Perpajakan > BE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Administrasi Bisnis
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:33
Last Modified: 04 Sep 2023 07:33
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item