ANALISIS PENENTUAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI STRATEGI BERSAING DAN BERKELANJUTAN PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA CV. AKE ABADI

Lule, Olviani Sari (2016) ANALISIS PENENTUAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI STRATEGI BERSAING DAN BERKELANJUTAN PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA CV. AKE ABADI. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
Olviani Lule.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Keunggulan kompetitif (competitive advantage) merupakan strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk dieksploitasi oleh suatu organisasi (Mudrajad Kuncoro, 2005:85). Suatu perusahaan sangat dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menentukan keunggulan kompetitifnya dan strategi yang cocok dalam menghadapi persaingan usaha saat ini. Hal inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian pada CV Ake Abadi dan memilih judul tugas akhir “Analisis Penentuan Keunggulan Kompetitif sebagai Strategi Bersaing dan Berkelanjutan Perusahaan dalam Menghadapi Persaingan Usaha”. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi dan wawancara terhadap pihak yang terkait dan studi pustaka. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil temuan dari penelitian ini adalah CV Ake Abadi memiliki keunggulan biaya dengan strategi bersaing perusahaan dalam menghadapi persaingan adalah strategi biaya rendah. Akan tetapi, kelemahannya perusahaan tidak memiliki pangsa pasar yang baru. Untuk strategi bersaing perusahaan yaitu menggunakan sistem distribusi. Keberlanjutan perusahaan sangat bergantung pada peran distributor dan motivasi perusahaan. Disarankan agar pihak perusahaan menambah strategi bersaing dalam hal memperluas pangsa pasar, meningkatkan strategi pemasaran seperti promosi iklan di Televisi dan melakukan inovasi lebih lagi terhadap penampilan produk seperti kemasan, label, dan pembungkus produk. Selain itu, motivasi perusahaan berupa penghargaan dan intensif sangat diperlukan untuk menunjang kinerja distributor ke tingkat yang lebih tinggi. Sehingga dengan hal itu perusahaan dapat terus berlanjut dalam menghadapi persaingan usaha saat ini. Kata kunci: Keunggulan kompetitif, Strategi bersaing, Strategi biaya rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan kompetitif, Strategi bersaing, Strategi biaya rendah
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 20 May 2017 09:20
Last Modified: 20 May 2017 09:20
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item