PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MANADO

Pratiwi, Putri (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MANADO.docx

Download (686kB)

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado sebagai institusi pemerintah yang bertugas menghimpun penerimaan Negara dari sektor Perpajakan. Dengan mengupayakan peningkatan pelayanan yang efektif dan efisien sehingga memperoleh hasil yang baik dan tujuannya tercapai secara maksimal. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado merupakan tempat peneliti melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian survei merupakan penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian survei ini menjelaskan hubungan antara variabel-variabel penelitian melalui pengujin hipotesis. Populasi yang diambil adalah wajib pajak dibagian pelayanan pembuatan NPWP Perorangan pada Kantor Pajak Pratama Manado dengan sampel 52 responden. Metode yang dipakai yaitu metode kuantitatif sedangakan analisis yang digunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil analisis Multiple R menunjukkan angka 0,670 sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan (X) memiliki hubungan terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Y). Koefisien determinasi (R Square) =0,449 yang menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Wajib pajak sebesar 44,9 % dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sedangkan 55,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis didapat thitung > ttabel pada ɑ = 0,05. Ini merupakan taraf nyata ɑ = 5% variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan pajak Pratama Manado. Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 40,781sedangkan hasil Ftabel 4.0400hal ini berarti Fhitung> Ftabel (40,7810 > 4.0400) siginifikan. 0,05 bernilai lebih besar dari F tabel dengan tingkat kepercayaan 95%, df 2 (n-k-1) atau 52-2-1 = 49 hasil hipotesis diterima dimana ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Kata kunci : Kualitas Pelayanan & Kepuasan Wajib Pajak

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wajib Pajak
Subjects: C Business Management and Administration > CE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Depositing User: Operator 1
Date Deposited: 11 Aug 2016 15:05
Last Modified: 18 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item