TINJAUAN PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG DAN METODE PELAKSANAAN PADA PEMBANGUNAN RUKO MEGA PROVIT BLOK 1 F2 KAWASAN MEGAMAS MANADO PADA DELATASI 1

Kaunang, Grimaldy Marcelino (2016) TINJAUAN PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG DAN METODE PELAKSANAAN PADA PEMBANGUNAN RUKO MEGA PROVIT BLOK 1 F2 KAWASAN MEGAMAS MANADO PADA DELATASI 1. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img]
Preview
Text
TA Grimaldy Marcelino Kaunang SST full.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://polimdo.ac.id

Abstract

Pondasi mempunyai fungsi untuk menyalurkan beban struktur atas ke lapisan tanah pendukung dibawah pondasi. Pada dasarnya pondasi terbagi 2 yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dalam meliputi pondasi tiang pancang dan pondasi bore pile. Pada Proyek Pembangunan Ruko Mega Provit Block 1 F2 Kawasan Megamas Manado Delatasi 1berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, permasalahan yang diangkat yaitu untuk melakukan perencanaan kembali tentang kekuatan dari tiang pancang, serta ingin menguraikan metode pelaksanaan yang paling efisien. Maksud dan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah merencanakan daya dukung pondasi tiang pancag berdasarkan data sondir, kemudian merencanakan penulangan pondasi tiang pancang, merencanakan dimensi pilecap serta penulangan dan menguraikan metode pelaksaan pondasi tiang pancang. Data perencanaan yang digunakan untuk tinjauan perencanaan pondasi tiang pancang berupa studi lapangan, kemudian ditambah dengan studi literatur dan konsultasi dengan dosen pembimbing,. Perhitungan daya dukung pondasi tiang pancang menggunakan metode mayerhoof, untuk perhitungan beban maksimum, gaya geser, serta momen yang bekerja diperoleh dengan program SAP V.14 dan perhitungan daya dukung pondasi menggunakan metode perhitungan dengan analisa daya dukung berdasarkan data sondir (CPT) Berdasarkan hasil analisa perhitungan disimpulkan bahwa dimensi pondasi dilapangan sebesar diameter 35 cm dengan panjang 8 m. Pada zona sondir 1 dengan kedalaman 18,4 m didapat daya dukung sebesar 1259,55 ton, pada zona sondir 2 dengan kedalaman 13,4 m dengan daya dukung sebesar 781,86 ton dan zona sondir 3 dengan kedalaman 6m dengan daya dukung sebesar 409,45 ton. Penulangan untuk pondasi tiang pancang pada setiap daerah yang ditinjau menggunakan tulangan 10D19 untuk tulangan utama dan D10-150mm untuk tulangan geser. Dimensi pilecap yang digunakan dengan ukuran 1,05 m × 1,05 m dengan tebal pilecap 0,6 m dengan tulangan utama dipakai D16 – 100 mm, dan tulangan bagi dipakai 10D  200 mm. Metode pelaksanaan yang digunakan pada pelaksanaan dilakukan analisa dengan membandingkan antara metode pelaksanaan di lapangan dengan metode lapangan yang dijadikan refrensi pada kajian teori, dimana pelaksanaan sudah sesuai dengan kajian teori yang dipaparkan dalam pembahasan tugas akhir ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Nurvina Dwijayanti
Date Deposited: 28 Oct 2016 13:31
Last Modified: 28 Oct 2016 13:31
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item