SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN MEMAKAI APLIKASI GPP DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULUT

Lensun, Indri Wulandari (2016) SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN MEMAKAI APLIKASI GPP DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULUT. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Indri Wulandri Lensun.docx

Download (175kB)

Abstract

Instansi mempunyai kesempatan yang baik untuk bertahan dan maju jika mempunyai pegawai yang tepat, sehingga membutuhkan pegawai yang mempuyai kemampuan bekerja yang baik, dan melatih pengawai. Sebaliknya pegawai membutuhkan instansi sebagai tempat untuk mencari nafkah. Pengawai harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu pegawai berhak untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan jabatannya karena pengawai negeri sipil gaji yang diterima oleh pegawai seharusnya berupa gaji yang wajar. Sistem pengendalian intern sangat diperlukan untuk melakukan pengecekan terhadap sistem akuntansi penggajian. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Sulut merupakan instansi yang bergerak di bidang pelayanan Hukum dan HAM bagi masyarakat. Untuk itu Kantor wilayah kementerian Hukum dan Ham merupakan kantor yang merupakan layanan dalam bentuk jasa bagi masyarakat. Aplikasi GPP 2013 Satker ini adalah aplikasi release ketiga yang secara resmi disebarkan secara bebas (gratis) ke seluruh Satuan Kerja pengelola dana APBN yang membayar gaji PNS Pusat. Aplikasi ini adalah Aplikasi versi upgrade dari aplikasi sebelumnya dengan menggunakan Database MySQL dan juga single database dengan Aplikasi Belanja Pegawai Polri. Melalui Aplikasi tersebut Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PPABP) dapat mencatat, menghitung berbagai macam belanja pegawai seperti Gaji Induk (Bulanan), sekaligus mencetak berbagai daftar permintaan pembayaran belanja pegawai, KP4, SSP, SPT Pajak dll. Termasuk kartu pengawasan pembayaran gaji sehingga satuan kerja tidak perlu melakukan pengkartuan, secara manual. Seiring berjalannya waktu kemajuan ilmu pegetahuan di bidang teknologi saat ini, mentuntut sebuah instansi agar lebih cepat, efisien dan sesuai dengan prosedur yang ada dalam menjalankan proses penggajian. Pemakaian aplikasi GPP dalam proses penggajian memberikan manfaat yang sangat besar baik dalam volume pekerjaan yang dapat ditangani maupun dari tingkat ketelitian komputer jauh lebih tinggi dari tingkat ketelitian manusia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian intern penggajian memakai aplikasi GPP pada kantor wilayah kementerian hukum dan HAM RI Sulut. Proses penggajian dengan menggunakan aplikasi GPP dibuat untuk menyediakan hasil yang relevan mengenai proses penggajian oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Sulut. Sistem pengendalian intern penggajian memakai aplikasi GPP pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM RI Sulut menunjukan bahwa pengendalian internnya baik karena sudah ada pemisahan tugas dan tanggungjawab dalam struktur organisasinya, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang baik serta praktek yang sehat dalam melaksanakan fungsi di setiap unit organisasi. Penerapan aplikasi GPP dalam sistem pengendalian intern penggajian pada Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI Sulut juga perlu adanya pengawasan yang lebih baik agar dapat menjalankan fungsinya. Kata kunci: Sistem pengendalian intern, penggajian, Aplikasi GPP

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian intern, penggajian, Aplikasi GPP
Subjects: A Akuntansi dan Keuangan > AE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Akuntansi
Depositing User: User 1
Date Deposited: 07 Mar 2017 09:56
Last Modified: 07 Mar 2017 09:56
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item