PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ROOM SECTION DI NOVOTEL MANADO GOLF RESORT & CONVENTION CENTER

MANDEY, AZALYA TRIVENA (2016) PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ROOM SECTION DI NOVOTEL MANADO GOLF RESORT & CONVENTION CENTER. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (3kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (5kB)

Abstract

Proses make up room tentunya sudah diatur sedemikian rupa oleh housekeeping department Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center demi kelancaran operasional hotel dan menghindari dampak negatif yang dapat merugikan perusahaan. Untuk itulah dibuat sebuah aturan-aturan dan langkah kerja yang disebut dengan Standard Operating Procedure (SOP), guna memudahkan room attendant dalam melakukan proses make up room serta mendapatkan hasil yang diinginkan oleh tamu sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan standar operasional prosedur room section di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center yang ditinjau dari enam indikator yaitu: akses ke kamar, penanganan sampah, making bed, membersihkan kamar mandi, pembersihan debu, dan cara membersihkan alat pemanas air. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar operasional prosedur room section di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center secara umum tidak baik, karena terdapat beberapa indikator yang sama sekali tidak diterapkan dengan benar oleh semua room attendant. Pada indikator akses ke kamar, penanganan sampah, making bed, membersihkan kamar mandi, pembersihan debu, dan cara membersihkan alat pemanas air tidak menerapkan SOP dengan benar. Kesimpulan dari hasil dan pembahasan adalah enam indikator permasalahan benar-benar tidak diterapkan dengan baik dan benar oleh room attendant sehingga menimbulkan permasalahan dengan tamu bahkan nama baik hotel tercemar.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Penerapan SOP, room section
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 23 Nov 2017 12:10
Last Modified: 23 Nov 2017 12:10
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item