PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN CUSTOMER DI HOTEL NOVOTEL MANADO

RAZAK, CHYNTHIA FADDILA (2017) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENJALIN KERJASAMA DENGAN CUSTOMER DI HOTEL NOVOTEL MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (34kB)

Abstract

Public Relations memiliki posisi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi. Keberadaan Public Relations dalam sebuah perusahaan dapat menjadi penghubung antara perusahaan tersebut dengan publik atau dengan para pelanggannya. Public Relations menjadi salah satu ujung tombak sektor industri untuk bersaing dalam era globalisasi terutama dalam menciptakan serta memelihara citra positif untuk mendongkrak citra perusahaan, serta untuk menjalin hubungan yang baik dengan publik eksternal maupun publik internalnya. Semakin besar dan berkembangnya perusahaan, maka persaingan perusahaan juga semakin ketat. Selain untuk memperoleh citra positif, perusahaan juga membutuhkan peningkatan terhadap produktivitas dan profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Public Relations dalam aktivitas kerjanya di bagian Sales & Marketing dan untuk mengetahui peran Public Relations dalam pelaksanaan fungsi dan tugasnya untuk menjalin kerjasama dengan customer di hotel Novotel Manado. Metodologi penelitian yang digunakan penulis yaitu observasi dengan jenis data yakni data primer dan data sekunder serta analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Dalam memasarkan produk perusahaan, Public Relations hotel Novotel Manado melakukan berbagai macam aktivitas kerja seperti aktivitas dokumentasi, pemasaran dan publisitas serta bentuk-bentuk kegiatan seperti pameran, bakti sosial, pemberian souvenir kepada pelanggan, customer gathering yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan pelanggannya, memperbaiki citra organisasi dan untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap Novotel Manado. Dari hasil pengamatan dapat ditarik kesimpulan yaitu peran Public Relations Officer Hotel Novotel Manado sudah terlaksana dengan baik, aktivitas kerja PR hotel Novotel Manado terbagi menjadi 3 bagian ruang lingkup kerja, kegiatan yang PR Novotel Manado lakukan untuk menjalin kerjasama dengan pelanggannya adalah dengan mengadakan Customer Gathering, pameran, bakti sosial dan memberikan souvenir kepada para pelanggan yang telah dengan setia menggunakan produk yang ditawarkan oleh hotel Novotel Manado. Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka dapat dikemukakan saran-saran yakni diharapkan agar Public Relations hotel Novotel Manado perlu melakukan kegiatan bakti sosial lebih sering lagi dan Public Relations hotel Novotel Manado perlu meningkatkan penyampaian informasi tentang hotel Novotel Manado melalui pembagian brosur kepada masyarakat.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Peran Public Relations, Pelanggan
Subjects: C Business Management and Administration > CE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Administrasi Bisnis
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 07 Dec 2017 09:22
Last Modified: 07 Dec 2017 09:22
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item