HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI RESERVATION CLERK DENGAN KEPUTUSAN TAMU UNTUK MENGINAP DI LION HOTEL AND PLAZA MANADO

Bawias, Merry Lisky (2016) HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI RESERVATION CLERK DENGAN KEPUTUSAN TAMU UNTUK MENGINAP DI LION HOTEL AND PLAZA MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
Daftar isi.docx

Download (24kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (32kB)

Abstract

Industri perhotelan adalah industri jasa yang sudah sangat berkembang di Indonesia. Perkembangan usaha perhotelan dapat ditunjukkan dengan pembangunan hotel-hotel yang baru di Indonesia, baik dari pengusaha lokal maupun pengusaha luar negeri. Demi menunjang keberhasilan hotel, setiap manajemen harus bertindak melakukan strategi yang dapat mempengaruhi tamu untuk menginap di hotel. Peneiitian ini mendiskusikan tentang hubungan strategi komunikasi reservation clerk dengan keputusan tamu unuk menginap di Lion Hotel and Plaza Manado. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan strategi komunikasi reservation clerk dengan keputusan tamu untuk menginap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitin ini adalah tamu yang menginap di Lion Hotel and Plaza Manado, dengan sampel berjumlah 30 responden berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analiis deskritif, korelasi pearson product moment, dan korelasi determination. Hasil perhitungan dengan mnggunakan program SPSS versi 16.0 adalah 0,566, dimana 0,566≥r_tabel=0,361. Ini membutikan bahwa hubungan strategi komunikasi dengan keputusan tamu untuk menginap, yaitu memiliki hubungan yang signifikan dan termasuk ke dalam hubungan dengan kategori cukup kuat (0,40 – 0,599). Hal ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi berhubungan dengan keputusan tamu. Strategi komunkasi yang baik oleh reservation clerk dengan melakukan pendekatan dan promosi produk hotel kepada tamu, bahkan memperhatikan setiap permintaan khusus tamu dan menawarkan diri untuk memberikan bantuan kepada tamu. Oleh sebab itu, reservation clerk harus lebih profesional dalam bekerja, sehingga pendekatan dan promosi yang dilakukan kepada tamu dapat memberi kesan baik bagi tamu dan dampak positif bagi tamu maupun hotel.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: reservation clerk, strategi komunikasi, pendekatan dan promosi
Subjects: E Hospitality and Tourism > EE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Pariwisata
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 08 Dec 2017 09:59
Last Modified: 08 Dec 2017 09:59
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item